Ini Dia...! Tips Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini



 

Halo Ayah Bunda, berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling.

 

Ya Ayah Bunda, sebentar lagi umat muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadan. Nah bagi kita yang sudah dewasa hal ini memang sudah biasa ya, tapi bagi anak yang akan belajar berpuasa ini menjadi sesuatu hal yang luar biasa. Nah ini momen kita untuk mengajarkan puasa kepada anak. Bagaimana cara memulainya?

 

Ya Ayah Bunda, memang anak kecil yang belum baligh ataupun belum puber itu ee belum diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan, tapi tidak ada salahnya kalau kita mengajarkan puasa itu sejak usia dini. Nah cara mengajarkan puasa pada anak sejak dini ini bertujuan supaya saat si anak nanti menginjak ee masa pubertas atau baligh ya dia ee sudah bisa menjalankan puasa dengan baik.

 

Ya memperkenalkan anak pada ibadah puasa itu bukanlah hal yang mudah, tapi ini merupakan salah satu tanggung jawab sebagai orangtua untuk mengajarkan kepada anak berpuasa itu secara bertahap dan juga perlahan. Kemudian, “Bagaimana cara mengajarkan puasa kepada anak yang tepat agar menjadi hal yang biasa untuk anak?”

 

Nah ini yang pertama Ayah Bunda, menjelaskan konsep puasa kepada anak. Meskipunun anak Anda mungkin belum mengerti, tapi penting bagi orangtua untuk menjelaskan maksud dan juga manfaat dari puasa Ramadan ini. Ya Anda sebagai orangtua perlu memastikan bahwa penjelasannya itu dikmengerti oleh anak, ya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

 

Kemudian yang kedua Ayah Bunda, memberikan contoh berpuasa kepada anak. Saat kita orang dewasa menjalankan ibadah puasa, pasti akan muncul serangkaian pertanyaan dari sang anak tentang diri kita, ya tentang ee diri kita yang tidak makan dan juga tidak minum. Ya hal ini menimbulkan rasa penasaran, sehingga anak ini ingin mencobanya sendiri. Nah dengan begitu tetap dampingi anak anda karena di usianya yang masih muda anak-anak ini bisa sangat dengan mudah meniru segara ee perilaku seseorang di sekitarnya.

 

Kemudian yang ketiga Ayah Bunda, memulainya secara bertahap. Anda bisa mengawali saja dengan puasa yang hanya dilakukan sampai waktu Zuhur. Ya ee kemudian setelah dia kuat bisa dilanjutkan sampai puasa Ashar. Ya kalau anak sudah bisa dan dia merasa kuat sampai Ashar boleh dicoba untuk besoknya sampai bedugh Maghrib. Sesuaikan dengan kondisi anak Anda.

 

Kemudian yang keempat Ayah Bunda, melakukan kegiatan seru saat ngabuburit ataupun menunggu buka puasa ya saat anak sudah bisa mencoba menjalankan puasa dengan durasi waktu yang sampai maghrib, coba Ayah Bunda lakukan beberapa hal seru untuk menunggu waktunya berbuka. Ayah Bunda bisa ee mengajak anak-anak ya untuk melakukan kegiatan yang tidak membosankan bagi anak, misalnya dengan ngabuburit tadi.

 

Kemudian yang kelima Ayah Bunda, pastikan nutrisi pada anak ini tercukupi. Mengajarkan anak puasa itu tidak terlepas dari mengajarkan pentingnya sahur dan juga berbuka, ya dengan ee asupan gizi yang baik untuk kesehatannya. Nah sebagai orangtua Anda perlu menyiapkan dan juga pastikan kalau anak Anda ini ee sudah mengkonsumsi nutrisi yang cukup untuk keperluan anak. Ya sudah mengkonsumsi karbohidrat, protein, sayur, dan buahnya itu sudah cukup.

 

Kemudian yang keenam Ayah Bunda, berikan penghargaan kepada anak, tidak dengan hadiah ya, ee mungkin sesekali boleh untuk memberikan hadiah, nah cukup dengan berikan pujian dan juga katakan bahwa anak anda itu adalah anak yang hebat. Nah cara sederhana ini akan membuat anak Anda senang dan dia akan semakin semangat untuk berpuasa. Selain itu Ayah Bunda, Ayah Bunda juga bisa menyediakan ee makanan kesukaan anak saat waktunya berbuka nanti. Nah hal itu menjadi salah satu hal yang akan membuat anak anda itu sering menjalankan ibadah puasa. Perlu diperhatikan untuk tetap memilihkan makanan yang sehat yang mengandung nutrisi yang penting bagi anak.

 

Nah itu saja tipsnya Ayah Bunda, semoga tips-tips tadi bermanfaat ya. Terima kasih Ayah Bunda sudah menyimak, sampai berjumpa di video selanjutnya.