Skill Yang Harus Dimiliki Anak Nantinya, Tapi Jarang Diajarkan Di Sekolah


 

 

Halo Ayah Bunda berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channelnya Bintang Mulia Homeschooling.

 

Ya Ayah Bunda, pendidikan sebenarnya bermakna sangat luas dan ee lebih dari sekedar duduk di ruang kelas saja. Tapi sayangnya ya pada kenyataannya yang terjadi bagi sebagian orang adalah cerita lama yang sama. Sang anak pergi ke sekolah kemudian di dalam kelas dia harus duduk membaca, menulis, belajar matematika, sejarah, kemudian pulang lagi ke rumah, dan begitu seterusnya. Pendidikan di sekolah seringkiali hanya memfokuskan pada materi-materi saja ya. seakan-akan materi ajar tersebut adalah segala-galanya. Padahal di luar semua itu banyak hal yang perlu dipelajari oleh anak. Mungkin kita tidak menyadarinya, tapi sebenarnya hal-hal tersebut adalah suatu keterampilan di dunia nyata. Ya banyak sekali keterampilan yang ee kita tidak mempelajari di sekolah tapi hal tersebut sangat diperlukan ketika ee kita berada di kehidupan yang sebenarnya. Apa sajakah keterampilan tersebut?

 

Yang pertama adalah literasi keuangan. Literasi keuangan itu mencakup banyak sekali hal yang berfungsi ee pada kehidupan kita sehari-hari. Contohnya ee kita di diajari untuk berinvestasi, kita diajari untuk menabung, kita diajari untuk berhemat, kemudian menggunakan uang sesuai kebutuhan kita. Nah itu ya literasi keuangan. Padahal apabila literasi keuangan ini diajarkan di sekolah, ini diharapkan mampu membentuk generasi muda yang lebih melek terhadap ekonomi dan juga finansial. Apalagi sekarang ini sedang marak-maraknya investasi dan juga buka usaha. Penting sekali untuk mempelajari literasi keuangan ini.

 

Kemudian yang kedua Ayah Bunda, penyelesaian konflik. Nanti di dunia kerja permasalahan itu akan sering muncul, ya mulai permasalahan kecil sampai permasalahan besar pasti akan sering ditemui. Permasalahan tersebut juga jelas berbeda dengan permasalahan yang dihadapi saat kita masih di bangku sekolah ataupun kuliah. Padahal penting sekali mempelajari hal ini supaya setiap individu itu dapat lebih siap ketika menghadapi situasi tertentu. Ya dan ee jika mereka dihadapkan dalam kondisi yang kurang menguntungkan. Anak sekolah yang sudah mempelajari hal ini dia akan lebih siap menghadapi medan yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya.

 

Kemudian yang ketiga Ayah Bunda, people skill. Kita tahu betul bahwa siswa-siswi ee itu diwajibkan untuk mempelajari seluruh bidang pelajaran yang ada. Padahal belum tentu bidang tersebut adalah bakat dan minat dari sang siswa-siswi tersebut. Maka dari itu penting sekali untuk memberikan arahan dan juga bimbingan kepada anak-anak kita, ee mengenai kecenderungan ilmu konsentrasi yang mereka inginkan. Sehingga mereka ini bisa lebih fokus dalam mengembangkan bakat dan minat yang sudah ada.

 

Ya kemudian yang keempat Ayah Bunda, kemampuan untuk bernegosiasi. Ya negosiasi dalam hal apapun itu sangat penting. Bisa berguna saat kita akan membuka usaha misalnya, menawarkan sebuah proposal, dan juga yang lainnya. Nah ketika kita memiliki kemampuan bernegosiasi yang bagus, maka kita dan lawan bicara kita itu akan lebih mudah dalam mencapai keputusan bersama.

 

Kemudian yang kelima Ayah Bunda, public speaking. Mungkin beberapa tenaga pendidik memberikan arahan yang tepat dan baik mengenai bagaimana siswa melakukan presentasi di depan umum, tapi tidak jarang juga ini ada beberapa juga pendidik yang kurang peduli dengan hal tersebut. Nah skill public speaking ini dibutuhkan di mana-mana. Ya semua lawangan pekerjaan pasti membutuhkan karyawan yang ee dia itu memiliki skill komunikasi yang mumpuni.

 

Kemudian yang keenam Ayah Bunda, mencari kerja atau teknik interview dan cara bekerja. Apa yang terjadi di dunia kerja ternyata sangat berbeda dengan apa yang dirasakan mereka saat mereka itu dibangku sekolah. Dan saat ini mereka harus belajar bagaimana berpakaian yang profesional, ya bagaimana cara menyelesaikan pekerjaan tanpa mencontek, bagaimana ee dia mendapatkan pekerjaan itu, bagaimana saat dia ee di-interview, kemudian bagaimana cara membuat lamaran ee kerja, nah itu semua kita ee jarang mendapatkannya di sekolah.

 

Nah itulah Ayah Bunda beberapa skill yang penting dalam kehidupan, tapi jarang sekali diajarkan di sekolah. Ya untuk Ayah Bunda yang ingin mendapatkan pembelajaran yang sesuai dengan keinginan Ayah Bunda, ya Ayah Bunda bisa memilih homeschooling untuk pendidikan Ananda tercinta. Materi pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Untuk info lebih lanjut bisa langsung menghubungi ee admin kami di 0816333037. Terima kasih Ayah Bunda sudah menyimak, sampai jumpa di video selanjutnya.