Menggunakan Topik Fiqh dan Astronomi Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Matematika
Abstrak
Tujuan riset ini ialah untuk mendapatkan peningkatan motivasi belajar murid
setelah menggunakan konten Matematika dalam topik Astronomi dan Fiqh. Metode
yang dipakai ialah eskperimen semu dengan desain kontra seimbangan. Partisipan
riset ini ialah 30 murid di salah satu sekolah menengah Kudus yang diambil
menggunakan teknik convenience sampling. Hasil menunjukkan bahwa
kelompok yang menerima urutan perlakuan topik Fiqh kemudian Astronomi mengalami
peningkatan berkelanjutan, sedangkan kelompok yang menerima urutan perlakuan
topik Astronomi kemudian Fiqh mengalami peningkatan yang tidak berkelanjutan.
Simpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa topik Astronomi dan fiqh perlu
disertakan dalam pembelajaran Matematika untuk memotivasi murid.
Kata Kunci: astronomi; fiqh; motivasi belajar; pembelajaran
matematika;
Penulis : Adib Rifqi
Setiawan
Penyunting : Fadhilaturrahmi
Penerbit : Edukatif: Jurnal
Ilmu Pendidikan
Volume : 4
Nomor : 4
Tahun : 2022
Halaman : 5291-5296
DOI : 10.31004/edukatif.v4i4.2787
URL : https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2787
[Edukatif][ResearchGate][Academia.edu][Thesis Commons][EdArXiv]