Strategi Pembelajaran Anak Homeschooling


 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Oke teman-teman kembali lagi bersama saya Ika di YouTube channelnya Bintang Mulia Homeschooling. Kali ini aaa pembahasan yang ke, aaa pembahasan yang akan kita bahas aaa tidak jauh-jauh dari pertanyaan teman-teman ya, yang biasa sehari-hari, ada yang bertanya ini-itu, gitu.

 

Nah kemarin itu ada lagi teman saya yang bertanya begini, “Homeschooling itu kan pembelajarannya cuman dua hari yang dengan tutor. Nah kalau misalkan anak ini di rumah kita sebagai orangtua mendampinginya itu dengan metode apa pas belajarnya?”

 

Strategi pembelajaran untuk anak homeschooling. Aaaa saya hanya menyampaikan beberapa strategi saja ya, aaa yang biasa saya terapkan di anak-anak homeschooling.

 

Yang pertama adalah thematic learning, ya jadi pembelajaran ini berbasis tema. Contoh aaa misalkan kita tentukan tema dulu. Tema ini misalkan hari ini kita ambil contoh tema tentang aaa aku dan tubuhku. Nah dari situ kita terapkan pembelajaran apa saja yang nantinya akan kita pelajarkan, aaa akan kita pelajari bersama anak kita. Oke, aku dan tubuhku. Nah di situ kan untuk matematikanya kita bisa mengambil contoh jari kita ada berapa, kemudian kalau misalkan jadi kita berdua jadi jumlahnya ada berapa. Nah itu contoh sederhana. Oke Kemudian dari IPA-nya bisa diambil pelajaran aaaa jari fungsinya untuk apa, kemudian dan lain sebagainya. Nah itu adalah yang pertama ya, thematic learning.

 

Oke kemudian yang kedua bisa kita ambil contoh adalah project-based learning, ya atau kita berikan project kepada anak kita. Nah misalkan aaa kita hari ini mau masak nih, anak kita nanya, “Mam hari ini kita masak apa?” Oke kemudian, “Kita bikin toge yuk, sayur toge atau apa gitu.” Nah dari situ kita bisa ambil pembelajaran buat anak kita ya, “Toge itu asalnya dari apa?” kemudian, “Kok bisa jadi toge itu, berapa hari untuk menjadi toge?” Nah kita kasih tugas ke anak kita, ya untuk project dia mengamati si toge itu. Nah itu hanya contoh sederhana ya. Aaa untuk contoh yang lain bisa teman-teman kembangkan sendiri, gitu.

 

Oke kemudian yang ketiga adalah game based learning atau pembelajaran yang berbasis game. Nah tentu saja anak-anak pastinya suka banget sama game ya. Nah kita sebagai orang tua harus mengarahkan game mana yang bisa kita jadikan aaa untuk sekaligus bermain sekaligus belajar buat anak kita. Nah kita pilihlah game-game yang bisa mengasah kemampuan si anak kita.

 

Oke kemudian yang keempat adalah service-learning. Service learning adalah penguasaan keterampilan dengan kontribusi di dunia nyata ya. Jadi apa yang kita ajarkan itu kita praktikkan langsung dengan hal-hal nyata. Ya misalkan kita berbelanja. Nah di situ kan ada hitung-hitungannya, nah kita bisa memasukkan pelajaran secara nyata kepada anak-anak kita.

 

Nah itulah tadi beberapa contoh ya strategi pembelajaran apa saja yang bisa dilakukan oleh kita sebagai orangtua untuk mendampingi anak-anak kita yang homeschooling.