Homeschooling Membuat Anak Jadi MALAS??? Faktanya...!!!


 

Hai hai teman-teman berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling.

 

Oke, teman-teman kalau kita membicarakan homeschooling sebagian besar orang ada yang belum paham atau belum mengerti bagaimana keseharian homeschooling. Ya jadi kemarin itu saya mendapat pertanyaan dari teman saya ya: bukankah kalau anak homeschooling itu nantinya anak akan menjadi malas? Karena kan memang homeschooling itu belajarnya tidak setiap hari. Nah itulah pertanyaan yang disampaikan ke kita di Bintang Mulia Homeschooling gitu.

 

Ya jadi malas, malas itu adalah efek dari diri ya yang kurang motivasi ataupun kurang dorongan. Nah, malas ini sebenarnya kalau kita membahas anak homeschooling itu nanti jadinya malas ataupun tidak, nah ini tentu saja tergantung dari pribadi anak masing-masing. Nah kita pun yang menjadi orangtua adakalanya kita menjadi malas ya, apalagi anak-anak ya. Kalau misalkan kita bandingkan anak homeschooling dengan anak yang sekolahnya rutin setiap hari, ya tidak ada bedanya karena malas ataupun tidak itu adalah dari pribadi si anak itu.

 

Nah malas ini sebenarnya dipengaruhi oleh dua faktor, ya karena faktor dalam diri anak dan faktor dari luar diri anak, ya ada faktor internal dan faktor eksternal.

 

Nah faktor internal ini adalah faktor dalam diri anak. Mungkin si anak ini memang kurang motivasi ya, ataupun karena kecapekan atau kelelahan. Nah ini adalah faktor yang dari dalam anak.

 

Kemudian faktor dari lingkungan atau faktor dari luar diri anak, faktor eksternal ya, faktor eksternal ini adalah faktor yang berasal dari luar diri anak.

 

Misalkan faktor dari orang tua. Nah orangtua ini kurang memotivasi anaknya sehingga belajarnya kurang maksimal. Oke kemudian seorang tua ini terlalu menargetkan terlalu tinggi jadi anaknya ini ditekan supaya mendapatkan hasil yang tinggi, nah yang ada si anak ini jadi males belajar.

 

Oke kemudian faktor dari lingkungan atau faktor dari luar diri anak yang kedua adalah faktor dari tutor atau gurunya atau pendamping belajarnya. Ya misalkan si pendamping belajarnya ini metode pembelajarannya tidak sesuai dengan si anak, nah hal ini bisa menyebabkan anak itu malas belajarnya. Kemudian pada saat si tutor ini atau si pendamping belajarnya ini memberikan tugas yang terlalu banyak ataupun tugas rumah yang terlalu banyak, nah ini juga bisa menjadi faktor kemalasan buat si anak tersebut.

 

Oke kemudian faktor yang selanjutnya adalah faktor dari teman ya, teman belajar si anak ini. Nah kalau misalkan si anak ini belajarnya dikelompokkan, berkelompok, nah itu biasanya si anak ini eee akan terjadi eee pengelompokan-pengelompokan di dalam kelas tersebut. Ya misalkan terjadi geng-gengan di dalam kelas ya, milih-milih teman, nah itu bisa juga menjadi penyebab si anak ini malas dalam belajar.

 

Kemudian yang selanjutnya adalah suasana belajar. Nah itu yang terpenting. Jadi si anak ini mau belajarnya secara individu ataupun mau belajarnya bersama-sama, nah yang terpenting adalah suasana belajar. Suasana belajar ini harus bisa menyenangkan si anak ya, dalam artian menyenangkan bukan hanya bermain ataupun apa, tapi di sini si anak ini diciptakan suasana belajar yang memang mendukung untuk anak ini pembelajarannya masuk tapi si anak tetap enjoy dalam belajar.

 

Nah, itulah kesimpulannya bahwa dalam homeschooling itu sebenarnya tidak menjadikan anak jadi malas tapi yang menjadikan malas itu adalah faktor-faktor tersebut tadi.