Inilah 9 Kecerdasan Anak Yang Wajib Diketahui Oleh Orang Tua



  

Halo sobat Bintang Mulia ya berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channelnya Bintang Mulia Homeschooling.

 

Sobat Bintang Mulia ee kali ini saya akan membahas mengenai sembilan kecerdasan anak yang wajib diketahui oleh orangtua. Kecerdasan anak itu tidak hanya diukur melalui kecerdasan IQ. Ya setiap anak memiliki kecerdasan yang majemuk yakni ada kecerdasan intelektual sendiri itu ataupun IQ, ya maupun kecerdasan emosional ee emotional quotient ataupun EQ.

 

Nah menurut Howard gardner salah seorang ee Profesor, Pendidik, dan juga Peneliti di Harvard University Amerika Serikat, ini ada sembilan aspek kecerdasan seorang anak. Istilah yang sering kita dengar adalah ee multiple intelligences. Apa sajakah kecerdasan tersebut?

 

Yang pertama adalah kecerdasan musikal. Kecerdasan ini ditunjukkan anak, ya ee mudah sekali dia mengikuti ataupun mengingat lagu. Cara melatihnya adalah dengan mendengarkan musik dan bernyanyi, mengajarkan anak menyanyikan lagu sederhana sesuai dengan usia mereka, melakukan ee pekerjaan ataupun kegiatan dengan bernyanyi.

 

Kemudian yang kedua kecerdasan intrapersonal, nah berkaitan dengan kemampuan daya tahan, ya untuk tidak mudah down, dia gigih berusaha, dan tidak minder. Cara melatihnya adalah mengajarkan anak untuk terbiasa berada dalam sebuah kelompok dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

 

Kemudian yang ketiga adalah kecerdasan interpersonal, ya kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak beradaptasi, bekerja sama, berelasi dengan lingkungan teman sebaya, dan orang di sekitarnya. Cara melatihnya yaitu dengan memberi kesempatan si kecil ini sering ditemani untuk bergaul bersama teman-teman sebaya, bermain dan juga berkomunikasi pada anak seusianya.

 

Kemudian yang keempat adalah kecerdasan visual-spasial, kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan memahami pandang ruang, yaitu anak mampu membedakan posisi dan letak serta membayangkan ruang di kanan, kiri, atas, bawah, depan, belakang, samping.

 

Kemudian yang keenam adalah kecerdasan kinestetik-tubuh, ya anak memiliki kemampuan untuk melakukan kegiatan yang melibatkan tubuh. Misalkan gerakan tubuh saat berdoa, kemudian menggambar, melompat, berlari dan olahraga yang menggerakkan tubuh, menari, senam dan sebagainya. Nah cara melatihnya ini ajak anak untuk latihan mencoret-coret dan juga menggambar. Ya bisa menggambar ee dimulai dari garis, lingkaran, kemudian melakukan gerakan senam dan juga menari.

 

Nah yang ketujuh adalah kecerdasan moral, yaitu kepekaan anak untuk ee meresap kepatuhan dalam berperilaku yang baik. Misalnya dia tahu untuk mengucapkan terima kasih, untuk bilang maaf, permisi, dan juga membedakan perbuatan baik dan buruk, ya bisa menahan diri untuk tidak melakukan pelanggaran terhadap tata cara kesopanan.

 

Yang kedelapan kecerdasan verbal-linguistik, anak dapat berbicara dan juga menceritakan suatu kejadian yang dilihatnya, dengan mudah, terangkai dengan baik, dan kronologis kejadian tidak melompat-lompat.

 

Nah yang kesembilan adalah kecerdasan logika-matematika, ya kecerdasan ini berkaitan dengan kemampuan anak untuk memahami persoalan dan juga memecahkan teori sederhana yang berkaitan dengan angka.

 

Ya sobat Bintang Mulia, setiap anak itu terlahir unik dan siap mendapatkan stimulasi kecerdasan majemuk yang kita berikan di usia emas perumbuhannya, terutama sejak lahir hingga usia 2 tahun. Dengan mengetahui jenis kecerdasan anak, ini Anda dapat memberikan ee pengembangan belajar yang lebih bervariasi. Jadi jangan paksa anak hanya pada satu kecerdasan saja, karena tiap anak memiliki keunikan masing-masing dengan kecerdasan yang dia miliki.

 

Ya sobat Bintang Mulia itulah tadi sembilan kecerdasan anak, ya semoga bermanfaat ee terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa di video selanjutnya.