Pertanyaan Seputar Homeschooling

 



 

Halo sobat Bintang Mulia, ya berjumpa lagi dengan saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling. Ya sobat Bintang Mulia, kali ini saya akan membahas mengenai ee pertanyaan-pertanyaan seputar Bintang Mulia Homeschooling yang sering ditanyakan oleh orangtua. Belakangan ini metode homeschooling banyak digemari para orangtua ya karena fleksibilitasnya. Maka dari itu orangtua harus mencari info sebanyak-banyaknya mengenai homeschooling. Dan ee inilah ya beberapa pertanyaan yang seringkali ee ditanyakan oleh orangtua seputar homeschooling.

 

Ya yang pertama, “Bagaimana proses belajar mengajar homeschooling?” Iya proses belajar mengajar homescholing itu berbeda dengan proses belajar mengajar sekolah formal. Nah jika pada sekolah formal siswa biasanya ini diwajibkan datang pukul 7, kemudian selesai ada yang pukul 12, ada yang pukul 1, 2, atau 3, dari Senin sampai Jumat, ada yang dari Senin sampai Sabtu. Nah kalau di homeschooling itu tidak demikian. Ya homeschooling ini memiliki pilihan hari dan juga jam yang bebas. Ini menyesuaikan dengan kebutuhan siswa dan juga orangtua. Proses belajar siswa ini dapat didampingi oleh tutor ataupun guru dan juga orangtua. Ya melakukan kegiatan pembelajaran di mana pun sesuai pilihan dan juga kesepakatan orangtua, kesepakatan anak, dan juga tutor.

 

Kemudian yang kedua ya, “Apakah kurikulumnya sama dengan sekolah formal?” Ya kurikulum homeschooling itu sama seperti kurikulum sekolah formal pada umumnya. Muatan mata pelajaran dan juga penilaiannya ini sama seperti sekolah formal. Tapi jika dibandingkan ya dari segi ee fleksibilitasnya, pelaksanaan kurikulum pada homeschooling ini dinilai jauh lebih efektif dibandingkan dengan sekolah formal karena ee kepadatan muatan dan juga waktunya dapat disesuaikan dengan karakteristik siswa.

 

Kemudian yang ketiga, “Nah jika pembelajarannya dilakukan di rumah ataupun di kantor kemudian bagaimana prosedurnya?” Nah peserta homeschooling ini akan didampingi oleh pengajar yang disediakan oleh lembaga penyelenggara homeschooling. Ya pengajar ataupun tutor ini setelah dipilih, selanjutnya dia akan ee datang ke rumah orangtua untuk berdiskusi tentang karakteristik belajar anak. Ya kemudian membicarakan muatan kurikulum yang diinginkan oleh orangtua dan juga jadwal pertemuan pembelajaran dengan ee anak dan juga orangtua.

 

Kemudian yang keempat, “Apakah menerima pindahan dari sekolah formal?” Ya homchooling merupakan layanan pendidikan yang dinaungi oleh dinas pendidikan, khususnya bidang pendidikan masyarakat dan pendidikan nonformal. Perizinan homeschooling juga telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh dinas pendidikan dan pemerintah. Berdasarkan Ee penjelasan tersebut maka homeschooling sebagai salah satu bentuk layanan pendidikan dan menerima siswa pindahan dari sekolah formal.

 

Kemudian yang kelima, “Apakah dapat ijazah?” Ya karena struktur dan muatan kurikulum yang dimiliki homeschooling itu sama dengan kurikulum nasional, maka siswa homeschooling juga mengikuti program ee ujian nasional ataupun ujian sekolah dari pemerintah. Ya termasuk adanya ulangan harian, kemudian ulangan tengah semester ataupun UTS, dan ada juga ulangan akhir semester, dan juga ada ee ulangan kenaikan kelas. Nah seluruh kegiatan penilaian tersebut waktunya sama seperti sekolah formal lainnya, hanya proses pembelajarannya yang penuh dengan fleksibilitas. Oleh karena itu, adanya serangkaian ulangan tersebut maka sudah tentu homeschooling mendapat ijazah. Nah ijazah tersebut merupakan ijazah penyetaraan, untuk SD itu ijazah Paket A Kemudian untuk SMP ijazah Paket B, dan untuk SMA itu ijazah Paket C.

 

Nah lanjut ke pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orangtua yang keenam adalah, “Apakah siswa homeschooling ini bisa melanjutkan ke sekolah formal dan juga bisa kuliah?” Nah kadang ada ya yang ee dari homeschooling kemudian SMP-nya atau SMA-nya pengen ke sekolah formal. Itu bisa atau tidak sih? Nah karena ee lulusan dari homeschooling ini memiliki ijazah secara resmi, maka siswa lulusan homeschooling juga bisa melanjutkan ke sekolah formal dan juga bisa untuk ee mendaftarkan kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta.

 

Ya pertanyaan yang ketujuh, “Bagaimana dengan sosialisasi ataupun pertemanan anak homeschooling?” Ya kegiatan homeschooling walaupun menyesuaikan dengan waktu anak dan juga orangtua tidak lantas anak akan cenderung menyendiri atau kurang bergaul dengan teman sebayanya. Nah di homeschooling Bintang Mulia sendiri, ini ada beberapa program ya yang ee bisa dilakukan. Ee seperti kegiatan Fun Fre Day ini kita adakan setiap ee 2 minggu sekali. Jadi di situ ada jenjang SD, SMP, SMA berkumpul semuanya. Sehingga di situ bertemu dengan teman-teman dan bisa bersosialisasi. Ya karena sasaran homeschooling adalah ee salah satunya itu pembentukan karakter, maka agenda-agenda seperti ee kumpul bersama ya seperti yang kita adakan Fun Fre Day kemudian ada Outing Class. Outing Class ini setiap ee 3 bulan sekali atau satu semester itu dua kali Outing Class, nah ini menjadi agenda yang paling ditunggu oleh semua siswa. Selain itu untuk Bintang Mulia Homeschooling memiliki program kelas yang dapat dipilih apabila anak ini ee mau belajar seperti yang ada di sekolah formal. Ada yang namanya kelas komunitas. Ya jadi ee di dalam dalam kelas komunitas ini siswa bisa bertemu dengan teman-teman yang lainnya.

 

Nah pertanyaan yang terakhir ini ya, ee ada yang bertanya, “Keluarga saya itu tinggal di luar Kudus, apakah bisa mengikuti ee Bintang Mulia Homeschooling ini?” Ya terkait permasalahan lokasi yang jauh itu bukanlah hal yang rumit bagi kami untuk tetap memberikan kenyamanan bagi anda di homeschooling ini. Dengan dasar kepraktisan dalam pembelajaran kami memiliki program kelas jarak jauh atau online. Ya guru kami siap memberikan pembelajaran via online untuk memberikan proses belajar mengajar kepada putra-putri anda di rumah.

 

Iya sobat Bintang Mulia, itu tadi adalah beberapa pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh orangtua. Semoga ini menjawab ya untuk ee anda semua yang yang ingin mengetahui tentang hal tersebut. Ya terima kasih Ayah Bunda semua sudah menyimak video ini dan sampai jumpa di video selanjutnya.