Langkah Sederhana Menanamkan Toleransi Pada Anak



Halo sobat Bintang Mulia berjumpa kembali bersama saya Ika, ya di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling. Ya, sobat Bintang Mulia, kali ini saya akan membahas mengenai langkah sederhana menanamkan toleransi pada anak.

 

Keberagaman adalah suatu hal yang tidak dapat dielakkan, ya, dari kehidupan di dunia ini. Banyak sekali perbedaan dan keberagaman yang sering kita temukan di sekeliling kita. Dengan menanamkan sikap toleransi pada anak, berarti Anda membekali dia supaya bisa memahami dan menghargai orang lain. Tentu saja ini penting sebagai modal dia kelak untuk hidup, ya, sekolah, bersosialisasi, dan bekerja dalam lingkungan yang sangat beragam.

 

Kemudian bagaimana cara menumbuhkan sikap toleransi kepada anak sejak dini? Ya,cara terbaik untuk menumbuhkan sikap toleran pada anak adalah dengan cara mengajarkan, membiasakan, dan juga mencontohkan langsung kepada anak-anak.

 

Nah sobat Bintang Mulia, berikut ini yang bisa dilakukan oleh orangtua bersama anak untuk membantunya memahami apa itu toleransi.

 

Yang pertama sobat Bintang Mulia, ya, dengan bercerita. Luangkan waktu Anda untuk membacakan buku kepada, ee, anak-anak Anda. Misalnya tentang suku, adat, ras, kemudian seni, sosial budaya, serta keanekaragaman agama yang diakui oleh pemerintah di Indonesia.

 

Kemudian yang kedua mengenalkan daerah Indonesia. Ya, beritahukan kepada anak bahwa di Indonesia ini terdapat banyak provinsi. Kenalkan kepada anak Anda bahwa di setiap provinsi itu memiliki perbedaan-perbedaan. Ya, Bahasanya beda, adat, lagu, makanan tradisionalnya beda, kemudian tarian, pakaian adat, nah itu berbeda-beda.

 

Kemudian yang ketiga adalah menggambar potret diri. Ya ajak anak dan juga teman-temannya untuk menggambar potret dirinya masing-masing. Setelah itu minta anak untuk memperhatikan persamaan dan juga perbedaan yang dimiliki dengan membandingkan, ee, masing-masing gambar anak.

 

Kemudian yang keempat, dampingi anak menonton televisi. Ya, dampingi anak saat dia menonton televisi, tunjukkan kepadanya, ya, tokoh dan situasi yang menarik dari acara televisi tersebut. Misalnya tentang potret keberagaman agama yang ada di Indonesia.

 

Ya sobat Bintang Mulia, itu tadi beberapa hal sederhana yang bisa diajarkan kepada anak untuk menanamkan toleransi sejak dini. Semoga, ee, video ini bermanfaat dan kita bertemu lagi di video selanjutnya. Terima kasih sudah menyimak.