Apakah Anak Homeschooling Bisa Melanjutkan Ke Sekolah Formal...?

 


 

Halo sobat Bintang Mulia. Ya berjumpa kembali dengan saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia homeschooling.

 

Ya sobat Bintang Mulia kali ini saya akan membahas mengenai, Apakah anak homeschooling ini bisa melanjutkan ke sekolah formal?”

 

Ya sobat Bintang Mulia, ada berbagai faktor yang menjadi penyebab anak homeschooling ini pindah, pindah jalur ya, ataupun melanjutkan ke sekolah formal. Ee karena faktor-faktor tersebut, maka banyak orangtua yang mempertanyakan apakah bisa anak homeschooling ini pindah ataupun melanjutkan ke skeolah formal.

 

Ya, jawabannya adalah bisa. Karena di Indonesia sendiri ini terdapat tiga jalur pendidikan: ada jalur formal, kemudian ada jalur nonformal seperti lembaga kursus, kemudian kelompok bermain dan PKBM, ya, dan yang ketiga ada jalur pendidikan informal atau Pendidikan keluarga dan juga Masyarakat. Dan di Indonesia sendiri jalur pendidikannya ini menganut system multientry multi exit yang artinya anak Anda bisa berpindah jalur Pendidikan kapan saja sesuai dengan kondisi dan juga kebutuhannya.

 

Nah berdasarkan peraturan pemerintah nomor17 tahun 2010 tentang ee pengelolaan dan juga penyelenggaraan Pendidikan, ini sudah dijelaskan dalam pasal 71 dan juga 73 mengenai perpindahan jalur tersebut. Ya di pasal 71 ini mengatur tentang perpindahan di awal jenjang SMP. Kemudian di pasal 73 ini mengatur tentang perpindahan yang terjadi, ee, tidak di awal jenjang.

 

Nah berdasarkan peraturan tersebut sudah jelas ya bahwa anak homeschooling ini ini bisa pindah ataupun melanjutkan ke sekolah formal. Perpindahannya pun bisa dilakukan di awal jenjang ataupun di pertengahan kegiatan belajar dan juga mengajar. Ya misalnya saat ini anak Anda homeschooling dan setara dengan kelas 3 SMP. Kemudian dia sudah lulus Kejar Paket B. Ya karena alasan tertentu kemudian si anak ataupun si orang tua ini ingin anaknya kembali ke sekolah formal. Nah dengan adanya undang-undang tersebut, ya, ee maka anak Anda ini bisa melanjutkan ke sekolah formal. Ataupun ee di pertengahan jenjang, missal di kenaikan kelas ee 3 SD, mau pindah ke kelas 4. Nah ini juga bisa. Nanti ee Anda siapkan raport ataupun hasil pembelajaran ananda, ya, dari kelas 1 sampai kelas 3 kemudian kalau misalkan Ananda ini terdaftar di PKBM maka harus melampirkan surat pindah untuk melanjutkan ke sekolah formal.

 

Jadi intinya tidak perlu khawatir dengan hal ini. Ya sudah ada aturan yang menjaga dan juga melindungi hak-hak anak homeschooling jika mengalami masalah tertentu terkait keberlangsungan ee pendidikannya.

 

Nah, apakah perpindahannya semudah itu? Ya meskipun sudah tertera dengan jelas mengenai peraturan melanjutkan pendidikan ke sekolah biasa, pada praktiknya perpindahan anak homeschooling itu tidaklah selalu mudah. Semua tergantung dari koordinasi orangtua dengan pihak sekolah. Ya tapi dari kebanyakan kasus kesulitan perpindahan itu terjadi karena beberapa hal. Misal ini pihak sekolah yang dituju belum mengetahui dan juga belum paham dengan baik mengenai, ee, Peraturan Pemerintah Nomor 17 tadi. Kemudian dia belum memenuhi syarat-syarat administrasi ya yang dibutuhkan untuk perpindahan tersebut. Misalnya homeschooling yang pure di rumah ini belum punya raport. Nah jadi ee terkendalanya di situ.

 

Nah untuk mengatasi kesulitan pada poin pertama maka yang perlu Anda lakukan adalah: coba jelaskan kepada pihak sekolah mengenai peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 yang tadi. Nah untuk poin yang selanjutnya biasanya pihak sekolah meminta orangtua untuk menyertakan rapot ataupun bukti bahwa anak sudah menjalankan proses kegiatan belajar serta menanyakan bagaimana proses pendidikan anak selama homeschooling, sampai mana pemahaman atau kedalaman pengetahuan anak.

 

Jadi untuk mengantisipasi hal tersebut, kami sarankan kepada orangtua untuk ee selalu rajin ya membuat catatan perkembangan pendidikan ataupun portofolio hasil karya anak khususnya yang berkaitan dengan hal akademis. Hal ini jelas akan membantu pihak sekolah dalam melihat sampai mana sih perkembangan pengetahuan anak. Selanjutnya mereka akan lebih mudah untuk menempatkan anak Anda pada jenjang yang paling tepat.

 

Ya sobat Bintang Mulia, ya demikian informasi dari kami mengenai, “Apakah anak homeschooling bisa melanjutkan ke sekolah formal?”

 

Ya semoga video ini bermanfaat dan sampai bertemu di video selanjutnya. Terima kasih sudah menyimak.