Anak Menghadapi Ujian? Ortu Jangan Lakukan Hal Ini...!



 

Halo Ayah Bunda, berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling. Iya Ayah Bunda, ee kali ini saya akan membahas mengenai ee ketika anak menghadapi ujian orangtua jangan pernah melakukan hal-hal berikut ini.

 

Iya ketika anak menghadapi ujian sekolah ya Ayah Bunda, Ayah Bunda juga bisa membantu mereka untuk fokus, tapi ingat ada beberapa hal yang baiknya Ayah Bunda jangan melakukan saat anak ujian. Hal apakah itu?

 

Yang pertama Ayah Bunda, berekspektasi tinggi kepada sang anak. Ya setiap orangtua pasti memiliki harapan yang tinggi kepada anak-anaknya. Meski begitu jangan katakan bahwa Ayah Bunda itu sangat berharap mereka mendapatkan nilai tinggi pada pelajaran tertentu. Karena tidak setiap anak bisa memiliki nilai yang bagus di semua mata pelajaran. Bisa jadi anak memiliki nilai yang bagus dalam mata pelajaran tertentu saja yang dia senangi.

 

Kemudian yang kedua Ayah Bunda, menyalahkan dan juga memarahi anak. Ketika anak selesai mengerjakan soal jangan menyalahkan anak, ya ketika mereka itu bercerita tidak bisa menyelesaikan ujiannya. Perlu diingat, tidak ada anak yang belajar dengan niat gagal dalam ujian. Orangtua sebaiknya menghibur anak ketika mereka itu merasa tertekan dalam ujian, jangan malah membuat anak menjadi malu dan menambah tertekan anak secara emosional.

 

Ya Ayah Bunda, kemudian yang ketiga, jangan pernah membandingkan anak. Cara anak belajar mungkin berbeda dengan anak lainnya, karena itu membandingkan hal ini ya tentu bukanlah yang tepat. Orang tua seringkali membandingkan cara belajar anak dengan teman sebayanya atau anak-anak yang berprestasi. Nah membandingkan dan juga meremehkan anak itu justru akan menurunkan harga diri dan membuat anak merasa tidak diinginkan.

 

Kemudian yang keempat Ayah Bunda, memberikan label kepada anak. Selama anak melaksanakan ujian, biarkan anak fokus pada pelajaran. Pujilah anak apapun hasilnya karena mereka sudah bekerja keras. Hindari memberikan label seperti bodoh atau pemalas, jangan sampai Ayah Bunda memberikan label tersebut kepada anak, ya ketika mereka tidak bisa menyelesaikan ujian dengan baik. Hal ini akan membuat anak itu yakin bahwa mereka tidak bisa dan tidak mampu mendapatkan nilai yang bagus.

 

Kemudian yang kelima Ayah Bunda, mendiamkan anak. Nah banyak orangtua yang tidak mengajak sang anak ini bicara ketika mereka menyiapkan ujian. Mereka menganggap bahwa hal ini dapat membuat anak menjadi lebih fokus. Ketika anak menjalani ujian sekolah mereka sangat membutuhkan dukungan dari Ayah Bunda. Membiarkan anak sendirian ini akan membuat mereka merasa tertekan dan merasa mereka itu tidak diinginkan. Nah yang harus dilakukan oleh orangtua adalah pahami tipe kecerdasan anak, karena setiap anak ini punya kecerdasannya masing-masing. Jangan sampai Ayah Bunda memaksa anak harus ee anak itu harus menguasai semua mata pelajaran, jangan sampai ya Ayah Bunda, karena hal itu akan membuat anak menjadi semakin tertekan.

 

Ya Ayah Bunda, untuk Ayah Bunda yang ingin berbincang mengenai pendidikan anak yuk langsung saja bisa menghubungi Bintang Mulia Homeschooling di 08163333037.

 

Terima Kasih Ayah Bunda sudah menyimak sampai jumpa di video selanjutnya.