Tips Menghentikan Kebiasaan Anak Yang Suka Berbohong

 


 

Halo sobat Bintang Mulia, ya berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channel-nya Bintang Mulia Homeschooling. Ya sobat Bintang Mulia, kali ini saya akan membahas mengenai tips menghentikan kebiasaan anak yang suka berbohong. Ya sebagai orangtua Anda tentu khawatir dan tidak ingin buah hati Anda itu terus-terusan berbohong. Oleh karena itu ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghentikan kebiasaan anak berbohong. Yaitu:

 

Ya yang pertama: berikan respon dengan cara yang berbeda. Jika anak bercerita tentang hal yang tidak benar-benar dia alami, ya orangtua dapat memberi respon dengan pertanyaan yang tidak bersifat menghakimi. Hal ini ee dapat mendorong anak untuk mengakui, ya apa yang sebenarnya dia rasakan ataupun dia alami. Tapi jika anak berbohong karena menutupi kesalahannya, maka doronglah anak untuk mengakui kesalahannya dan juga berikan pujian ketika dia mau berkata jujur. Tapi orangtua sebaiknya tidak langsung ee memarahi anak, ya saat anak itu melakukan kesalahan. Misalnya saat anak ee menumpahkan air minumnya ke lantai. Ya jika anak berbohong karena ingin dianggap baik atau mendapat pujian, nah orangtua dapat mengarahkan anak untuk bicara sesuai keadaan yang sebenarnya. Berikan penjelasan bahwa dia tidak perlu menjadi ee yang terbaik untuk mendapatkan pujian dan cukup untuk menjadi dirinya sendiri.

 

Ya sobat Bintang Mulia yang kedua: menjadi contoh yang baik bagi anak-anak. Hal yang tidak kalah penting adalah menekankan nilai kejujuran dalam keluarga. Orangtua bisa memberi contoh perilaku yang jujur dan jangan malu untuk mengakui kesalahan serta minta maaf dengan alasan yang jelas, ya jika orangtua itu melakukan kesalahan.

 

Kemudian yang ketiga memberikan anak ee peringatan jika anak berbohong. Orangtua juga dapat memberikan aturan dan juga batasan mengenai perilaku apa yang patut diterima dan apa yang tidak. Saat anak berbohong, jelaskan apa konsekuensinya, ya agar anak tidak mengulanginya, tapi hindari untuk memberikan hukuman fisik.

 

Kemudian yang keempat, ya menghindari melabeli anak dengan sebutan pembohong, karena hal ini hanya akan membuatnya lebih banyak berbohong atau justru ee dia akan merasa trauma. Sebaliknya berikan dia pujian ataupun kata manis, ya ketika sang anak itu mengatakan hal yang jujur. Nah hal ini bisa memotivasi anak untuk terus berperilaku jujur. Orangtua juga perlu memastikan dulu apa penyebab anak berbohong supaya bisa menyikapinya dengan bijak dan menyelesaikan permasalahannya. Dengan begitu anak bisa lebih mudah menghentikan kebiasaan berbohongnya.

 

Ya jika berbagai cara sudah dilakukan oleh orangtua tapi anak masih juga sering berbohong, maka cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog. Nah dalam beberapa kasus anak bisa saja menjadi sering berbohong karena ee mereka memiliki gangguan psikis tertentu.

 

Iya sobat Bintang Mulia Itu tadi yang saya sampaikan, semoga bermanfaat. Ya terima kasih sudah menyimak dan sampai jumpa di video selanjutnya.