Bagaimana Sih Cara Mengatasi Trauma Akibat Bullying?



 

Apakah anak Anda menjadi korban bullying? Jika iya Ayah Bunda wajib menyimak video ini: Bagaimana sih cara mengatasi trauma akibat bullying?

 

Halo Ayah Bunda semuanya, berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube channelnya Bintang Mulia Homeschooling.

 

Bullying. Apa sih bullying itu? Ya menurut American Psychological Association, bullying adalah suatu bentuk perilaku agresif di mana seseorang dengan sengaja dan berulang kali menyebabkan cedera ataupun ketidaknyamanan kepada orang lain. Tindakan bullying ini dapat berupa kontak fisik, ancaman, hingga kata-kata kasar.

 

Nah bullying sendiri adalah salah satu masalah sosial yang rentan terjadi di kalangan anak-anak dan ee bullying ini berdampak pada kesehatan mental sang anak. Anak yang menjadi korban bullying ini dapat mengalami stres, kemudian bisa menjadi depresi, dapat mengalami kecemasan yang berlebih, dan juga masalah lainnya yang dapat berlangsung hingga masa dewasanya nanti.

 

Oleh karena itu Ayah Bunda, penting bagi orangtua, ya, untuk memahami cara memperbaiki mental anak yang dibully. Nah cara memperbaiki mental anak yang dibully pun harus dilakukan dengan sangat hati-hati sekali. Anak yang dibully harus diperhatikan oleh orangtua dan orang-orang di sekitarnya. Karena korban bullying itu cenderung ee dia merasa lebih sensitif dan beresiko mengalami gangguan mental.

 

Nah Ayah Bunda berikut ini adalah beberapa cara, ya, untuk memperbaiki mental anak yang dibully.

 

Yang pertama Ayah Bunda, menjadi teman yang baik untuk untuk anak. Ee cara yang pertama adalah menjadi sosok orangtua pendukung. Nah ini akan membantu anak menyadari bahwa dia itu tidak sendiri dan juga ada seseorang yang akan selalu mendampingi sang anak. Saat anak diberi pendampingan yang tepat, dia akan lebih terbuka untuk ee bisa menceritakan pengalamannya selama di sekolah.

 

Ya kemudian yang kedua Ayah Bunda, membangun kepercayaan diri anak. Kehilangan rasa percaya diri itu merupakan salah satu dampak negatif dari bullying. Maka dari itu Ayah Bunda bangun kembali keterampilan emosionalnya dengan ee mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Ee contohnya, ya, anak diajak untuk melakukan hobi-hobi ataupun ee hal-hal yang dia sukai. Misal olahraga bersama dengan Ayah Bunda, ya olahraga-olahraga yang dia sukai, ataupun kegiatan lainnya.

 

Kemudian yang ketiga Ayah Bunda memberi saran yang positif. Nah cara memperbaiki mental anak yang dibully selanjutnya adalah memberikan saran positif dengan hati-hati. Karena anak ini cenderung sulit mengontrol emosinya, sehingga beberapa anak mungkin akan berpikir, ya, untuk membalas perilaku tersebut. Oleh karena itu orangtua harus memberikan saran dan juga masukan yang positif kepada anak supaya anak tidak membalas perbuatan sang pelaku, karena hal itu bukan perilaku yang baik.

 

Kemudian yang keempat Ayah Bunda, percaya kepada anak. Ya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya anak-anak korban bullying ini cenderung kehilangan kepercayaan dirinya. Nah cara ini bisa dilakukan dengan menyadarkan kepada anak bahwa apa yang sudah terjadi itu bukan kesalahan sang anak. Apabila sang anak ini ada rasa sedih, marah, takut, nah itu adalah suatu hal yang wajar terjadi.

 

Kemudian yang kelima Ayah Bunda, berkonsultasi kepada ahli. Nah hal ini dapat Anda lakukan ketika kondisi mental anak itu cukup memburuk. Ya dengan berkonsultasi kepada ahli seperti psikolog, maka anak dari korban bullying akan mendapatkan ee penanganan yang lebih tepat untuk membantu pemulihan sang anak.

 

Kemudian yang keenam Ayah Bunda, coba pilih sekolah yang minim bullying. Jika di sekolah yang lama ini anak masih merasa banyak trauma dan akan mengakibatkan ee traumanya itu kembali lagi, maka tidak ada salahnya untuk Ayah Bunda memilihkan sekolah yang baru untuk sang anak yang tentu saja minim terjadinya bullying. Nah Ayah Bunda bisa memilih homeschooling untuk anak Anda supaya tidak terjadi bullying lagi. Bintang Mulia Homeschooling bisa menjadi alternatif pilihan sekolah untuk Ananda.

 

Ya,untuk Ayah Bunda yang ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai Bintang Mulia Homeschooling silakan bisa langsung wa di 0816333037. Ya atau bisa juga ee ke IG ataupun TikTok Bintang Mulia Homeschooling.

 

Terima Kasih Ayah Bunda sudah menyimak semoga bermanfaat dan sampai berjumpa di video selanjutnya.