Bagaimana Sekolah Menengah Mengajar Fisika Kuantum?



Dalam dekade terakhir ini, sekolah menengah di beberapa negara telah mulai memasukkan fisika kuantum sebagai bagian dari kurikulum standar mereka. Namun, beberapa pendidik telah mempertanyakan apakah topik yang rumit cocok untuk siswa sekolah menengah. Untuk memahami keadaan pedagogi fisika kuantum saat ini di sekolah menengah, Kirsten Stadermann dari Universitas Groningen di Belanda bersama rekannya mengulas kurikulum nasional dari 15 negara, sebagian besar di Eropa, dan membuat beberapa rekomendasi berdasarkan analisis mereka.

Membandingkan kurikulum itu rumit karena negara yang berbeda memiliki harapan yang berbeda untuk siswa mereka. Beberapa menyebutkan persyaratan pendidikan dengan sangat rinci, sedangkan yang lain tidak jelas. Terlepas dari tantangan ini, penulis mengidentifikasi tema umum. Mereka menemukan, misalnya, bahwa item yang paling sering diajarkan adalah tingkat energi diskrit, interaksi cahaya dan materi, dualitas gelombang-partikel, dan aplikasi fisika kuantum.

Tim merekomendasikan untuk menekankan beberapa interpretasi mekanika kuantum, yang dimasukkan hanya dalam beberapa kurikulum. Ini dapat membantu siswa memahami bahwa model ilmiah yang saling bersaing dapat hidup berdampingan, jika tidak ada bukti yang merekomendasikan satu dari yang lain. Pelajaran ini mendukung tujuan pendidikan yang lebih luas yang menekankan ilmu alam sebagai metodologi model yang berkembang daripada satu set fakta yang sudah ada. Dengan melihat ilmu alam sebagai upaya manusia yang berulang, siswa dapat lebih baik mengontekstualisasikan masalah ilmiah tepat pada waktu dan tempat, seperti perubahan iklim. Para peneliti juga berpendapat bahwa aspek filosofis, kreativitas, dan manusiawi dalam pembelajaran fisika dapat memberikan gambaran ilmu alam yang lebih realistis dan dapat menarik beragam siswa yang lebih luas.

Referensi
Stadermann, H. Kristen E.; van den Berg, E.; & Goedhart, M. J. (2019, May 22). Analysis of secondary school quantum physics curricula of 15 different countries: Different perspectives on a challenging topic. Physical Review Physics Education Research, 15(1), 010130. DOI: https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.15.010130

K.Rb.Wg.240940.290519.10:46