Perjuangan Angan Perempuan


— Obrolan dengan Grace Natalie Louisa

Adib Rifqi Setiawan; Adib; Rifqi; Setiawan; AdibRS; Adib RS; ARS; Alobatnic; 26 March 1994; RMadhila; Scholaristi; Pelantan; Santri Scholar; Santri; Scholar; Santri Scholar Society; XEROXXI; XERO; XXI; Blackjack Soldier; LP2NE1; Kirana ♈ Azalea; Kirana Azalea; 투애니원; 2NE1; 블랙잭; Blackjack; 박봄; Park Bom; 박; 봄; Park; Bom; haroobomkum; 24 March 1984; 이채린; Lee Chae-lin; 이; Lee; 채린; Chaelin; CL; chaelinCL; 26 February 1991; 박산다라; Park San-da-ra; Sandara Park; 산다라; Sandara; Dara; krungy; 12 November 1984; Linkin Park; LP; Soldier; Michael Kenji Shinoda; マイケル・ケンジ・シノダ; マイク・シノダ; Mike Shinoda; Michael; マイケル; Kenji; ケンジ; Mike; マイク; Shinoda; シノダ; 11 February 1977; Bradford Phillip Delson; Brad Delson; Bradford; Phillip; Brad; Delson; 01 December 1977; Robert Gregory Bourdon; Rob Bourdon; Robert; Gregory; Rob; Bourdon; 20 January 1979; Joseph Hahn; 요셉 한; Joe Hahn; 조 한; Joseph; 요셉; Jo; 조; Hahn; 한; 15 March 1977; Valentino Rossi; Valentino; Rossi; VR46; VR; 46; 16 February 1979; Sky Racing Team by VR46; Yamaha; Grand Prix motorcycle racing; MotoGP; Yamaha Motor Racing; Yamaha Factory Racing; Yamaha MotoGP; Paris Whitney Hilton; Paris Hilton; Paris Whitney; Paris; Whitney; Hilton; 17 February 1981; John George Terry; John Terry; John; George; Terry; JT26; JT; 26; 07 December 1980; Chelsea Football Club; Chelsea FC; Chelsea; Football; Club; Petr Čech; Petr; Čech; 20 May 1982; Steven George Gerrard; Steven Gerrard; Steven; Gerrard; StevieG; 30 May 1980; Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro; Cristiano Ronaldo; CR; CR7; Cristiano; Ronaldo; dos; Santos; Aveiro; 05 February 1985; Real Madrid Club de Fútbol; Real Madrid C.F.; Real Madrid; Real; Madrid; Daniela Hantuchová; Daniela; Hantuchová; Dani; 23 April 1983; Мари́я Ю́рьевна Шара́пова; Maria Yuryevna Sharapova; Мари́я Шара́пова; Maria Sharapova; Мари́я; Ю́рьевна; Шара́пова; Maria; Yuryevna; Sharapova; 19 April 1987; KiSS — Keep it Shiny and Sustainable; KiSS; Keep it Shiny and Sustainable; Keep; it; Shiny; and; Sustainable; Manusia adalah Makhluk Berperasaan; Manusia; Makhluk Berperasaan; Islām Aries-Blackjack, is Islām?; Islām; Aries-Blackjack; is Islām; Islām Aries-Blackjack; Islām Aries; Islām Blackjack; Revolutic; Grace Natalie Louisa; Grace Natalie; Grace Louisa; Natalie Louisa; Grace; Natalie; Louisa; Grace Nat; 04 July 1982; A Leader for Our Time
Grace Natalie Louisa : A Leader for Our Time

Grace Natalie Louisa (Grace) terbilang sosok yang berani dalam kancah politik praktis Indonesia. Keberanian Grace mendirikan partai politik baru bernama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) patut diapresiasi semadyana.

Tak dimungkiri, selain belakangan kepercayaan masyarakat terhadap partai politik merosot tajam, juga faktor personalitas Grace sebagai perempuan beretnis China serta identitasnya sebagai pemeluk Kristen menjadi sisi tersendiri. Belum lagi rekam jejak Grace yang pernah tampil di For Him Magazine (FHM), majalah yang karib dengan kesan seksi.

Bekal tersebut cukup membuat Grace babak belur sebelum bertanding. Walau demikian, dia tak takut terpelanting. Grace tetap yakin untuk terus maju. Pelan-pelan dirinya berusaha memimpin partai yang didirikan bersama rekan-rekannya dengan semangat baru.

PSI dibangun sebagai wadah perjuangan guna mewujudkan angan Grace agar keseharian masyarakat Indonesia menjadi harmonis, saling mengapresiasi kesamaan sekaligus menghormati ketidaksamaan. Dalam obrolan berikut, perempuan kelahiran 4 Juli 1982 ini berbagi pandangan mengenai makna kemerdekaan, masalah yang diprioritaskan untuk segera dituntaskan bersama, juga angan terbesar untuk Indonesia.

Kata ‘politik’ sebenarnya sudah melekat dalam diri Anda jika melihat kiprah sebelumnya di dunia jurnalistik dan lembaga konsultan politik. Kini Anda memutuskan untuk menjadi Politikus dengan membentuk sebuah partai. Sebenarnya apa sih yang menarik dari dunia politik praktis di mata Anda?

Kalau pertanyaan ini ditanyakan pada saya beberapa tahun lalu, saya mungkin akan menjawab bahwa saya tidak tertarik untuk menjadi politisi apalagi membentuk sebuah partai. Apa yang kemudian membuat saya berubah pikiran adalah saya merasa miris dan sedih melihat orang-orang yang baik belum mendapat apresiasi yang layak dari partai politik.

Ketika mereka hendak mengikuti pemilihan kepala daerah apalagi pemilihan presiden, mereka tidak akan bisa maju apabila hanya bermodalkan kepemimpinan dan pribadi yang baik saja. Kebanyakan partai melihat hal lain, seperti kecukupan modal yang ia miliki. Ada ‘mahar’ yang harus ia bayar.

Bahkan dalam sebuah kasus yang pernah saya temui, ada seorang klien yang menyediakan uang sebanyak belasan milyar. Apa yang terjadi? Uangnya diambil oleh partai tersebut tapi kemudian dukungannya tidak jadi diberikan.

Hal-hal seperti itulah yang membuat saya tergerak untuk menciptakan perubahan terhadap budaya yang tidak sehat tersebut. Kalau kita hanya sebatas mengkritisi dari luar tanpa berbuat apapun, kondisinya tidak akan berubah.

Dari situlah kemudian saya terpikir untuk membentuk sebuah wadah atau kendaraan bagi orang-orang yang punya kepribadian dan rekam jejak yang baik untuk maju sebagai pemimpin.

Anda terbilang nekat karena di usia muda sudah berani mendirikan sebuah partai. Tidakkah terlintas di benak Anda untuk bergabung dengan partai yang sudah ada saja dulu?

Saya sudah pernah ditawari oleh beberapa partai yang sudah ada dan saya tidak tertarik. Karena saya mau berbuat apa di sana? Mereka sudah berdiri sekian lama dan punya kultur tersendiri, termasuk budaya negatif yang sempat saya sebutkan tadi. Jadi mustahil rasanya apabila saya seorang diri bisa mengubah kebiasaan buruk yang ada di lingkungan tersebut sementara orang-orangnya tidak memiliki visi yang sama dengan saya.

Akan lebih mungkin apabila kita membangun sesuatu dari nol, dengan mengumpulkan orang-orang baru yang belum terkontaminasi dengan kultur tersebut. Kita tanamkan nilai-nilai positif dan menciptakan budaya kita sendiri. Itu akan lebih realistis ketimbang mengubah apa yang sudah ada.

Bagaimana tanggapan orang-orang terdekat Anda terhadap keputusan yang dipilih ini?

Sedari awal saya tak lupa melibatkan orang-orang terdekat saya dalam mengambil keputusan. Mereka pada awalnya tidak langsung setuju. Namun, setelah mereka melihat bagaimana tekad dan proses yang saya jalani bersama kawan-kawan di PSI, mereka mau mengerti dan bahkan sekarang sudah dalam tahap mendukung.

Suami saya misalnya. Ia tak hanya mendukung secara moral, namun ia juga sudah mau untuk ikut berkontribusi. Website PSI adalah hasil kontribusi suami saya. Bukan paksaan dari istri, melainkan panggilan dari hati.

Bisa disebutkan apa kekuatan utama yang membedakan PSI dengan partai lain?

DNA-nya PSI adalah kebajikan dan keragaman. Kita di sini mempunyai tujuan yang baik. Mungkin ada sebagian orang yang meragukan niat kami. Mereka khawatir bahwa PSI tak berbeda dengan partai lain yang jargonnya anti korupsi namun ujung-ujungnya terlibat skandal korupsi juga.

Dari situ kami membuat terobosan. Tak seperti partai lain, kami hendak memisahkan antara kader yang merupakan pengurus partai dengan kader yang menjadi anggota dewan atau menteri. Jadi tidak ada istilah rangkap jabatan.

Bila ada kader kami yang menjadi anggota dewan, ia bisa berfokus dalam melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat. Yang menjadi pengurus harian partai juga bisa fokus untuk mengawasi kinerja para kader PSI yang berkiprah di lembaga pemerintah. Hal tersebut kami yakini bisa meminimalisir konflik kepentingan yang belakangan menjadi salah satu pemicu utama tindakan korupsi.

Kalau dari segi misi apa yang membedakan?

Kami ingin mendorong, menyemangati, dan menginspirasi anak-anak muda serta kaum perempuan untuk berani terjun dan berpartisipasi membangun bangsa. Banyak karya anak muda kita yang bagus dan bahkan kualitasnya diakui sampai ke luar negeri. Namun, ketika diajak bicara soal politik mereka pada ilfeel semua. Bisa dipahami memang, karena imej politik sendiri sudah terlanjur dicap jelek.

Di sinilah kami hadir untuk mengubah persepsi tersebut, bahwa politik itu sebenarnya tidaklah jahat. Kami ingin menjadi kendaraan bagi orang-orang muda yang punya niat baik untuk maju menjadi wakil rakyat atau kepala daerah.

Kemudian kami memperjuangkan kuota keterwakilan perempuan di parlemen agar bisa lebih dari 30%. Di sini kami memang memberikan perhatian yang lebih pada kaum perempuan. Sampai ke daerah, kami keukeuh untuk mencari dan melibatkan perempuan untuk masuk di struktur organisasi kami.

Kenapa kami concern untuk menarik partisipasi perempuan di politik? Kita lihat saja kiprah perempuan di DPR. Sudah jumlahnya sedikit, kebanyakan dari mereka malah ditugaskan di komisi-komisi yang urusannya terlalu umum, seperti urusan anak, perempuan, dan tenaga kerja.

Jarang sekali perempuan yang ditugaskan di komisi hukum, kebijakan luar negeri, serta pertahanan dan keamanan. Itulah yang akhirnya mendorong kami untuk memberikan perhatian yang lebih kepada kiprah kaum perempuan di parlemen.

Kenapa memilih nama Partai Solidaritas Indonesia?

Karena itulah yang paling mencerminkan kami. Solidaritas. Di DPP PSI sendiri saat ini ada 6 orang perempuan dan 3 laki-laki. Yang perempuan lebih banyak daripada yang laki-laki. Ada yang beragama Islam, Kristen, dan Hindu. Di PSI, keragaman ini tak hanya sekadar diakui, namun juga dirayakan.

Dan bentuk solidaritas paling konkret yang saya lihat adalah para prianya ini berbesar hati mendaulat rekannya yang perempuan untuk menempati posisi yang penting. Mereka yang laki-laki tidak ada yang keberatan dan berkenan untuk memberikan dukungan penuh kepada saya untuk menjadi ketua umum.

Saya yang notabene seorang perempuan, non-muslim, keturunan Tionghoa pula, bisa dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai ketua umum. Ini bagi kami adalah bentuk solidaritas tertinggi.
Adib Rifqi Setiawan; Adib; Rifqi; Setiawan; AdibRS; Adib RS; ARS; Alobatnic; 26 March 1994; RMadhila; Scholaristi; Pelantan; Santri Scholar; Santri; Scholar; Santri Scholar Society; XEROXXI; XERO; XXI; Blackjack Soldier; LP2NE1; Kirana ♈ Azalea; Kirana Azalea; 투애니원; 2NE1; 블랙잭; Blackjack; 박봄; Park Bom; 박; 봄; Park; Bom; haroobomkum; 24 March 1984; 이채린; Lee Chae-lin; 이; Lee; 채린; Chaelin; CL; chaelinCL; 26 February 1991; 박산다라; Park San-da-ra; Sandara Park; 산다라; Sandara; Dara; krungy; 12 November 1984; Linkin Park; LP; Soldier; Michael Kenji Shinoda; マイケル・ケンジ・シノダ; マイク・シノダ; Mike Shinoda; Michael; マイケル; Kenji; ケンジ; Mike; マイク; Shinoda; シノダ; 11 February 1977; Bradford Phillip Delson; Brad Delson; Bradford; Phillip; Brad; Delson; 01 December 1977; Robert Gregory Bourdon; Rob Bourdon; Robert; Gregory; Rob; Bourdon; 20 January 1979; Joseph Hahn; 요셉 한; Joe Hahn; 조 한; Joseph; 요셉; Jo; 조; Hahn; 한; 15 March 1977; Valentino Rossi; Valentino; Rossi; VR46; VR; 46; 16 February 1979; Sky Racing Team by VR46; Yamaha; Grand Prix motorcycle racing; MotoGP; Yamaha Motor Racing; Yamaha Factory Racing; Yamaha MotoGP; Paris Whitney Hilton; Paris Hilton; Paris Whitney; Paris; Whitney; Hilton; 17 February 1981; John George Terry; John Terry; John; George; Terry; JT26; JT; 26; 07 December 1980; Chelsea Football Club; Chelsea FC; Chelsea; Football; Club; Petr Čech; Petr; Čech; 20 May 1982; Steven George Gerrard; Steven Gerrard; Steven; Gerrard; StevieG; 30 May 1980; Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro; Cristiano Ronaldo; CR; CR7; Cristiano; Ronaldo; dos; Santos; Aveiro; 05 February 1985; Real Madrid Club de Fútbol; Real Madrid C.F.; Real Madrid; Real; Madrid; Daniela Hantuchová; Daniela; Hantuchová; Dani; 23 April 1983; Мари́я Ю́рьевна Шара́пова; Maria Yuryevna Sharapova; Мари́я Шара́пова; Maria Sharapova; Мари́я; Ю́рьевна; Шара́пова; Maria; Yuryevna; Sharapova; 19 April 1987; KiSS — Keep it Shiny and Sustainable; KiSS; Keep it Shiny and Sustainable; Keep; it; Shiny; and; Sustainable; Manusia adalah Makhluk Berperasaan; Manusia; Makhluk Berperasaan; Islām Aries-Blackjack, is Islām?; Islām; Aries-Blackjack; is Islām; Islām Aries-Blackjack; Islām Aries; Islām Blackjack; Revolutic; Grace Natalie Louisa; Grace Natalie; Grace Louisa; Natalie Louisa; Grace; Natalie; Louisa; Grace Nat; 04 July 1982; A Leader for Our Time
Grace Natalie Louisa : A Leader for Our Time

Apakah Anda tidak khawatir apabila atribut minoritas yang melekat dalam diri Anda tersebut akan menjadi pengganjal bagi karier politik praktis Anda?

Tidak masalah. Saya sadar pasti ada yang menerima dan ada yang menolak. It’s okay. Namun, saya yakin pola pikir masyarakat kita sekarang sudah pelan-pelan berproses.

Jadi saya pikir kalau ada yang melihat saya hanya dari atribut yang melekat ya silakan saja. Itu hak mereka. Yang penting saya akan membuktikan kapasitas saya melalui pekerjaan yang saya lakukan.

Bagaimana dengan soal jam terbang? Ada sebagian kalangan yang menilai Anda dan rekan-rekan Anda di PSI masih terlalu muda dan belum memiliki jam terbang yang mumpuni untuk menjalankan sebuah partai. Tanggapan Anda sendiri bagaimana?

Saya justru melihat itu sebagai suatu kekuatan, bukan kelemahan. Kenapa? Karena itulah yang membedakan kami dengan partai-partai lain yang sudah lama berdiri. Idealisme kami masih murni dan belum terkontaminasi.

Kemudian, apabila kepercayaan publik terhadap sebuah partai hanya diukur dari tingginya jam terbang atau usia partai tersebut, harusnya yang menang pemilu ya partai yang itu-itu saja, seperti Golkar, PDI-P, dan PPP. Namun, pada nyatanya beberapa waktu lalu ada Partai Demokrat yang notabene merupakan partai baru, bisa memperoleh suara terbanyak.

Fungsi utama partai adalah sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi rakyat. Tentang bagaimana cara manajemen partai itu sendiri tidak ada ilmu pastinya. Itu semua dilewati dengan proses setahap demi setahap.

Kebanyakan perempuan dan pemuda sekarang cenderung apatis terhadap politik praktis. Sementara Anda sempat menyebutkan bahwa partai Anda menyasar suara mereka. Usaha apa yang akan Anda lakukan untuk menarik minat dan partisipasi mereka?

Kami memulainya dari diri kami sendiri. Untuk menarik minat dan partisipasi kaum pemuda dan perempuan, PSI sendiri punya dua peraturan utama. Pertama ialah usia pengurusnya maksimal 45 tahun. Kedua, tidak pernah jadi pengurus harian yang aktif di partai lain. Kalau kami mencitrakan diri sebagai partainya anak muda tapi pengurusnya sudah tua semua apa gunanya?

Kemudian yang menjadi kendala bagi perempuan untuk aktif di politik itu adalah soal membagi waktu antara urusan rumah tangga dengan urusan partai. Terlihat simpel memang, tapi itu merupakan hambatan yang cukup sulit bagi perempuan. Banyak rapat-rapat politik yang berlangsung hingga tengah malam. Hal itu jelas tidak membuat mereka nyaman. Selain dari segi keamanan, bagaimana nasib keluarganya? Suami dan anaknya siapa yang mengurus?

Karena itulah, di PSI kami selalu mengusahakan agar kegiatan rapat dan bertemu orang berlangsung maksimal hingga sore hari. Ini dilakukan agar kader-kader partai yang perempuan bisa segera pulang untuk mengurus keluarga. Jadi kami di sini ingin menciptakan lingkungan organisasi yang ramah terhadap perempuan.

Kalau dari diri Anda sendiri, bagaimana cara membagi waktu antara keluarga dengan pekerjaan?

Caranya mau tidak mau ya saya harus benar-benar taktis dalam mengatur waktu. Sebisa mungkin saya tidak menunda pekerjaan. Ini supaya keesokan harinya saya bisa ada waktu yang lebih luang dengan keluarga.

Kemudian efisiensi waktu dan energi juga perlu. Terkadang pekerjaan bisa dilakukan dari rumah. Kegiatan rapat misalnya. ‘Kan rapat tidak selalu harus bertemu secara fisik. Dengan teknologi yang ada sekarang pun kita juga bisa komunikasi dengan rekan sejawat.

So far cara itu saya rasa cukup berhasil karena belum ada yang komplain. Suami tidak mengeluh. Anak saya juga belum memanggil saya ‘tante’. Dia masih senang saat melihat saya. Jadi masih on the track.

Nama Anda mulai dikenal publik ketika berkiprah sebagai jurnalis. Apakah pengalaman tersebut dirasa akan membantu mempersiapkan Anda mengarungi kerasnya dunia politik praktis?

Pengalaman sebagai wartawan saya rasa membantu mempersiapkan saya secara mental. Saya jadi terbiasa untuk melihat hal dari berbagai sisi dulu sebelum mengambil keputusan. Kemudian dari sisi networking juga menjadi modal.

Berbeda dengan beberapa partai lainnya, saya dan kawan-kawan di PSI masih belum punya media. Namun, sebagai wartawan kami terbiasa untuk membangun jaringan. Kami terbiasa untuk mencari dan menjalin pertemanan. Semakin banyak teman berarti akan semakin banyak pula yang mengenal saya dan PSI. Itulah mungkin bekal yang saya dapatkan ketika berkarier sebagai jurnalis dan yang bisa saya aplikasikan sekarang.

Apa makna kemerdekaan bagi Anda?

Merdeka bagi saya dan teman-teman di PSI adalah merayakan dan menghargai keberagaman. Saya melihat kita masih belum merdeka secara keberagaman. Orang yang berbeda seringkali dianggap salah. Padahal, perbedaan itu sendiri sudah ada dan tercipta ketika kita sama-sama melepaskan diri dari penjajahan dan berdiri sebagai sebuah negara.
Adib Rifqi Setiawan; Adib; Rifqi; Setiawan; AdibRS; Adib RS; ARS; Alobatnic; 26 March 1994; RMadhila; Scholaristi; Pelantan; Santri Scholar; Santri; Scholar; Santri Scholar Society; XEROXXI; XERO; XXI; Blackjack Soldier; LP2NE1; Kirana ♈ Azalea; Kirana Azalea; 투애니원; 2NE1; 블랙잭; Blackjack; 박봄; Park Bom; 박; 봄; Park; Bom; haroobomkum; 24 March 1984; 이채린; Lee Chae-lin; 이; Lee; 채린; Chaelin; CL; chaelinCL; 26 February 1991; 박산다라; Park San-da-ra; Sandara Park; 산다라; Sandara; Dara; krungy; 12 November 1984; Linkin Park; LP; Soldier; Michael Kenji Shinoda; マイケル・ケンジ・シノダ; マイク・シノダ; Mike Shinoda; Michael; マイケル; Kenji; ケンジ; Mike; マイク; Shinoda; シノダ; 11 February 1977; Bradford Phillip Delson; Brad Delson; Bradford; Phillip; Brad; Delson; 01 December 1977; Robert Gregory Bourdon; Rob Bourdon; Robert; Gregory; Rob; Bourdon; 20 January 1979; Joseph Hahn; 요셉 한; Joe Hahn; 조 한; Joseph; 요셉; Jo; 조; Hahn; 한; 15 March 1977; Valentino Rossi; Valentino; Rossi; VR46; VR; 46; 16 February 1979; Sky Racing Team by VR46; Yamaha; Grand Prix motorcycle racing; MotoGP; Yamaha Motor Racing; Yamaha Factory Racing; Yamaha MotoGP; Paris Whitney Hilton; Paris Hilton; Paris Whitney; Paris; Whitney; Hilton; 17 February 1981; John George Terry; John Terry; John; George; Terry; JT26; JT; 26; 07 December 1980; Chelsea Football Club; Chelsea FC; Chelsea; Football; Club; Petr Čech; Petr; Čech; 20 May 1982; Steven George Gerrard; Steven Gerrard; Steven; Gerrard; StevieG; 30 May 1980; Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro; Cristiano Ronaldo; CR; CR7; Cristiano; Ronaldo; dos; Santos; Aveiro; 05 February 1985; Real Madrid Club de Fútbol; Real Madrid C.F.; Real Madrid; Real; Madrid; Daniela Hantuchová; Daniela; Hantuchová; Dani; 23 April 1983; Мари́я Ю́рьевна Шара́пова; Maria Yuryevna Sharapova; Мари́я Шара́пова; Maria Sharapova; Мари́я; Ю́рьевна; Шара́пова; Maria; Yuryevna; Sharapova; 19 April 1987; KiSS — Keep it Shiny and Sustainable; KiSS; Keep it Shiny and Sustainable; Keep; it; Shiny; and; Sustainable; Manusia adalah Makhluk Berperasaan; Manusia; Makhluk Berperasaan; Islām Aries-Blackjack, is Islām?; Islām; Aries-Blackjack; is Islām; Islām Aries-Blackjack; Islām Aries; Islām Blackjack; Revolutic; Grace Natalie Louisa; Grace Natalie; Grace Louisa; Natalie Louisa; Grace; Natalie; Louisa; Grace Nat; 04 July 1982; A Leader for Our Time
Grace Natalie Louisa : A Leader for Our Time

Kalau bisa ditarik kesimpulan dari pernyataan Anda tersebut, berarti Indonesia masih belum benar-benar merdeka?

Merdeka dari penjajahan sudah. Namun, merdeka dalam mengekspresikan diri kita sesuai dengan kepercayaan yang kita yakini, saya lihat masih belum sepenuhnya terwujud.

Masih sering kita temui bahwa ada individu dan golongan tertentu yang melakukan pemaksaan dan intimidasi kepada orang-orang yang punya ideologi yang berbeda dengan mereka. Padahal sedari awal sejak negara Indonesia terbentuk, kita sudah memiliki unsur-unsur yang berbeda. Kenapa kemudian harus disamakan setelah 70 tahun negara ini berdiri?

Dari sederet persoalan yang membelenggu negara kita sekarang, masalah apa yang menurut Anda paling mendesak untuk dibenahi?

Saya rasa hukum dan pemberantasan korupsi mendesak untuk diselesaikan. Harus ada kepastian hukum yang bisa diberikan oleh lembaga penegak hukum, seperti KPK yang saat ini mungkin menjadi lembaga yang paling dipercaya masyarakat. Ini penting, karena korupsi itu sendiri lebih jahat daripada narkoba.

Kemudian masalah pendidikan juga krusial. Pengalaman saya sebagai konsultan politik melihat sendiri, bahwa orang-orang yang tingkat pendidikannya rendah itu rentan dipengaruhi dan dimobilisasi oleh pihak-pihak tertentu untuk mendapatkan suara dalam pemilihan kepala daerah. Akhirnya calon kepala daerah yang bagus namun dananya terbatas gagal jadi pemenang. Hal-hal seperti inilah yang kemudian membuat negara kita sulit untuk berkembang.

Bicara soal tokoh atau pahlawan nasional, siapa yang paling menginspirasi Anda?

R.A. Kartini. Saya melihat dia merupakan seorang pendobrak di masanya. Pada zaman itu kaum perempuan di Indonesia diidentikkan dengan urusan dapur saja. Namun, Kartini berani untuk menulis ide dan pemikirannya yang progresif, hingga akhirnya ia bisa menginspirasi perempuan-perempuan lain di masanya untuk mengembangkan diri dan menggapai cita-citanya.

Saat ini apa harapan atau impian terbesar yang Anda miliki untuk Indonesia?

Saya ingin melihat lebih banyak anak muda dan kaum perempuan bisa tergerak dan mau untuk ikut memberdayakan masyarakat. Saya ingin agar mereka berkenan untuk memberikan kontribusi bagi negara melalui keahlian mereka masing-masing dan menciptakan perubahan.

Satu contoh, misalnya mereka punya keahlian di bidang IT, mereka bisa mengembangkan teknologi smart city. Hal semacam itu tentu akan bermanfaat bagi orang banyak. Namun, itu semua sedikit banyak bergantung kepada pemimpinnya. Apakah si pemimpin mau untuk memfasilitasi dan memberikan kesempatan bagi anak-anak muda untuk berkarya? Inilah salah satu hal yang akan saya perjuangkan bersama teman-teman di PSI.

Anda terkesan lebih fokus untuk bekerja di belakang layar dengan menyediakan sarana bagi orang-orang yang ingin menjadi pemimpin. Apakah Anda sendiri tidak punya keinginan untuk jadi aktor utama di panggung politik praktis? Tidakkah Anda memiliki cita-cita pribadi, seperti jadi presiden mungkin?

Saya tidak ada ambisi ke sana. Kalau saya punya keinginan untuk mengusung diri saya pribadi, maka hal itu tidak akan membuat PSI berbeda jauh dengan beberapa partai lain yang dibentuk hanya untuk mengusung figur tertentu. Jadinya malah kontraproduktif dengan misi partai saya.

Tujuan saya murni untuk menyediakan wadah bagi orang-orang muda untuk berkumpul dan membuat perubahan bersama-sama. Saya ingin memberikan kesempatan bagi orang-orang yang berkualitas dan punya niat baik untuk maju menjadi pemimpin.

Melihat rekam jejak karier Anda, bisa dilihat bahwa Anda merupakan sosok perempuan smart yang berani mengambil risiko. Bagi para perempuan yang sedang mengejar cita-cita mereka dan menjadikan Anda sebagai inspirasi, pesan apa yang bisa Anda sampaikan?

Kalau saya pribadi, apapun yang saya kerjakan, saya selalu berusaha untuk do the best. Terdengar klise memang. Namun, saya yakin apabila kita berbuat yang terbaik, pintu-pintu akan terbuka.

Misalnya, mungkin Anda merasa kinerja Anda tidak begitu dihargai di tempat Anda bekerja sekarang. Tapi kalau Anda bekerja sepenuh hati, bisa jadi akan ada orang atau pihak lain yang tidak Anda duga yang kemudian justru lebih menghargai dan membukakan pintu bagi Anda.

Jika kita mengerjakan sesuatu dengan 100%, maka pasti cepat atau lambat, kesempatan dan tawaran yang lebih baik akan datang kepada kita.
Adib Rifqi Setiawan; Adib; Rifqi; Setiawan; AdibRS; Adib RS; ARS; Alobatnic; 26 March 1994; RMadhila; Scholaristi; Pelantan; Santri Scholar; Santri; Scholar; Santri Scholar Society; XEROXXI; XERO; XXI; Blackjack Soldier; LP2NE1; Kirana ♈ Azalea; Kirana Azalea; 투애니원; 2NE1; 블랙잭; Blackjack; 박봄; Park Bom; 박; 봄; Park; Bom; haroobomkum; 24 March 1984; 이채린; Lee Chae-lin; 이; Lee; 채린; Chaelin; CL; chaelinCL; 26 February 1991; 박산다라; Park San-da-ra; Sandara Park; 산다라; Sandara; Dara; krungy; 12 November 1984; Linkin Park; LP; Soldier; Michael Kenji Shinoda; マイケル・ケンジ・シノダ; マイク・シノダ; Mike Shinoda; Michael; マイケル; Kenji; ケンジ; Mike; マイク; Shinoda; シノダ; 11 February 1977; Bradford Phillip Delson; Brad Delson; Bradford; Phillip; Brad; Delson; 01 December 1977; Robert Gregory Bourdon; Rob Bourdon; Robert; Gregory; Rob; Bourdon; 20 January 1979; Joseph Hahn; 요셉 한; Joe Hahn; 조 한; Joseph; 요셉; Jo; 조; Hahn; 한; 15 March 1977; Valentino Rossi; Valentino; Rossi; VR46; VR; 46; 16 February 1979; Sky Racing Team by VR46; Yamaha; Grand Prix motorcycle racing; MotoGP; Yamaha Motor Racing; Yamaha Factory Racing; Yamaha MotoGP; Paris Whitney Hilton; Paris Hilton; Paris Whitney; Paris; Whitney; Hilton; 17 February 1981; John George Terry; John Terry; John; George; Terry; JT26; JT; 26; 07 December 1980; Chelsea Football Club; Chelsea FC; Chelsea; Football; Club; Petr Čech; Petr; Čech; 20 May 1982; Steven George Gerrard; Steven Gerrard; Steven; Gerrard; StevieG; 30 May 1980; Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro; Cristiano Ronaldo; CR; CR7; Cristiano; Ronaldo; dos; Santos; Aveiro; 05 February 1985; Real Madrid Club de Fútbol; Real Madrid C.F.; Real Madrid; Real; Madrid; Daniela Hantuchová; Daniela; Hantuchová; Dani; 23 April 1983; Мари́я Ю́рьевна Шара́пова; Maria Yuryevna Sharapova; Мари́я Шара́пова; Maria Sharapova; Мари́я; Ю́рьевна; Шара́пова; Maria; Yuryevna; Sharapova; 19 April 1987; KiSS — Keep it Shiny and Sustainable; KiSS; Keep it Shiny and Sustainable; Keep; it; Shiny; and; Sustainable; Manusia adalah Makhluk Berperasaan; Manusia; Makhluk Berperasaan; Islām Aries-Blackjack, is Islām?; Islām; Aries-Blackjack; is Islām; Islām Aries-Blackjack; Islām Aries; Islām Blackjack; Revolutic; Grace Natalie Louisa; Grace Natalie; Grace Louisa; Natalie Louisa; Grace; Natalie; Louisa; Grace Nat; 04 July 1982; A Leader for Our Time
Grace Natalie Louisa : A Leader for Our Time