Organisasi
kepemudaan memainkan peran penting dalam masyarakat sipil Indonesia, terutama
yang berafiliasi dengan badan keagamaan besar seperti Nahdlatul Ulama (NU).
Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), sebagai organisasi otonom yang
bergerak di kalangan pelajar putri NU, memiliki sejarah panjang dan kontribusi
signifikan dalam pembinaan generasi muda perempuan Islam di Indonesia.1
Dalam konteks ini, kepemimpinan memegang peranan sentral dalam mengarahkan
gerak organisasi dan merespons dinamika zaman. Whasfi Velasufah saat ini
mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) IPPNU untuk masa
khidmah 2022-2025.3 Pemilihan dirinya sebagai ketua umum merupakan
peristiwa penting dalam organisasi, mengingat IPPNU adalah bagian integral dari
NU, organisasi Muslim terbesar di Indonesia.
Artikel
ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap latar belakang, pendidikan,
kontribusi signifikan, dampak, analisis kritis, pernyataan publik, serta
penghargaan dan kontroversi yang terkait dengan Whasfi Velasufah. Uraian yang
disajikan berupaya untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan ilmiah
mengenai kepemimpinannya dalam konteks IPPNU dan relevansinya dalam masyarakat
Indonesia. Uraian ini penting secara akademis dan sosial karena menyoroti
kepemimpinan pemuda kontemporer di Indonesia, peran perempuan dalam organisasi
Islam, dan dinamika yang berkembang dalam tubuh NU. Metode yang digunakan dalam
penyusunan laporan ini adalah analisis terhadap informasi publik yang tersedia,
termasuk artikel berita, situs web organisasi, basis data akademik, dan
sumber-sumber relevan lainnya.
Perhatian
yang besar dari berbagai media terhadap terpilihnya Whasfi Velasufah sebagai
Ketua Umum 3 menunjukkan bahwa kepemimpinannya dianggap sebagai
perkembangan penting dalam IPPNU dan komunitas NU secara luas. Perubahan
kepemimpinan dalam organisasi besar seperti IPPNU seringkali mengindikasikan
adanya perubahan prioritas dan arah organisasi. Oleh karena itu, pemahaman
tentang latar belakang dan visi Whasfi Velasufah menjadi krusial untuk memahami
arah IPPNU saat ini. Selain itu, status IPPNU sebagai badan otonom NU 1
memberikan kerangka penting untuk memahami peran Whasfi Velasufah. Tindakan dan
pernyataannya sebagai Ketua Umum kemungkinan mencerminkan dan memengaruhi
agenda serta nilai-nilai NU yang lebih luas. Mempelajari kepemimpinannya dapat
memberikan wawasan tentang bagaimana NU melibatkan kaum muda dan mempromosikan
nilai-nilainya di kalangan pelajar putri. Lebih lanjut, penyebutan nama IPPNU
sebelumnya sebagai "Ikatan Putri-Putri Nahdlatul Ulama" 1
menawarkan perspektif historis dan menyiratkan potensi evolusi dalam persepsi
diri dan tujuan organisasi dari waktu ke waktu. Perubahan nama ini mungkin
relevan ketika menganalisis visi kontemporer Whasfi Velasufah untuk organisasi
tersebut.
Kehidupan
Awal dan Pendidikan: Menelusuri Tahun-Tahun Pembentukan dan Perjalanan Akademik
Whasfi
Velasufah menempuh pendidikan dasar dan menengah di Kudus, Jawa Tengah. Ia
tercatat sebagai siswa di TK Al Hidayah Kudus, kemudian melanjutkan ke Madrasah
Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Tsamrotul Wathon Kudus, dan Madrasah Aliyah
Nahdlatul Ulama (MA NU) Banat Kudus.3 Keterlibatan yang konsisten
dengan institusi pendidikan Nahdlatul Ulama sejak usia dini menunjukkan adanya
hubungan yang mendalam dengan nilai-nilai dan komunitas organisasi tersebut.
Selain pendidikan formal, Whasfi Velasufah juga memiliki pengalaman yang kuat
dalam pendidikan pesantren. Ia secara konsisten tinggal di pesantren selama
masa pendidikannya, termasuk di Pondok Pesantren An-Nahdlah Depok, Pondok
Pesantren Yanabi'ul Ulum Warrohmah Kudus, dan Pondok Pesantren Dar El Hikam
Ciputat.3 Pendidikan pesantren memiliki peran signifikan dalam
membentuk karakter, pemahaman keagamaan, dan keterlibatan komunitas dalam
tradisi NU.19 Studi yang dilakukan oleh Velasufah dan Setiawan
(2020) meneliti nilai-nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter,
menyoroti bagaimana nilai-nilai di pesantren dapat digunakan sebagai landasan
pendidikan karakter.19
Perjalanan
akademiknya berlanjut ke jenjang perguruan tinggi di UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta, tempat ia meraih gelar sarjana, dan kemudian melanjutkan program
magister di Universitas Indonesia.3 Kombinasi studi Islam di UIN dan
disiplin ilmu yang lebih luas di UI menunjukkan perkembangan intelektual yang
komprehensif.
Tabel berikut merangkum perjalanan pendidikan Whasfi Velasufah:
Institusi |
Tingkat |
Lokasi |
TK Al Hidayah Kudus |
Taman Kanak-kanak |
Kudus |
MI NU Tsamrotul Wathon
Kudus |
Sekolah Dasar |
Kudus |
MTs An-Nahdlah Islamic
Boarding School Depok |
Sekolah Menengah Pertama |
Depok |
MA NU Banat Kudus |
Sekolah Menengah Atas |
Kudus |
UIN Syarif Hidayatullah
Jakarta |
Sarjana |
Jakarta |
Universitas Indonesia |
Magister |
Jakarta |
Pesantren An-Nahdlah
Depok |
Non-formal |
Depok |
Pesantren Yanabi'ul Ulum
Warrohmah Kudus |
Non-formal |
Kudus |
Pesantren Dar El Hikam
Ciputat |
Non-formal |
Tangerang Selatan |
Pengalaman pendidikan formal dan non-formal yang dijalani Whasfi Velasufah menunjukkan fondasi yang kuat dalam nilai-nilai Nahdlatul Ulama dan pemahaman keagamaan yang mendalam. Keterlibatannya yang berkelanjutan dengan institusi NU sejak usia dini kemungkinan besar telah membentuk pandangan dan nilai-nilai yang ia bawa dalam kepemimpinannya di IPPNU.
Afiliasi
Kelembagaan dan Pengalaman Organisasi: Membangun Jejak Kepemimpinan
Selain
pendidikan formal, Whasfi Velasufah memiliki riwayat keterlibatan yang kaya
dalam berbagai organisasi, terutama di dalam Nahdlatul Ulama. Sebelum terpilih
sebagai Ketua Umum PP IPPNU, ia telah aktif dalam berbagai tingkatan
kepengurusan organisasi. Pada periode 2019-2022, ia menjabat sebagai Bendahara
Umum PP IPPNU, mengelola keuangan organisasi pelajar putri NU.3
Sebelumnya, pada masa khidmah 2015-2018, ia menjadi bagian dari pengurus
Kaderisasi PP IPPNU.3 Pengalaman dalam bidang kaderisasi ini menunjukkan
pemahaman mendalam tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam
organisasi.
Keterlibatannya
tidak terbatas pada tingkat pusat. Pada tahun 2017, Whasfi Velasufah juga
dipercaya untuk mengurusi kaderisasi di Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU Banten.3
Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU
Kota Tangerang Selatan.3 Pengalaman di berbagai tingkatan organisasi
ini memberikan perspektif yang luas tentang dinamika dan tantangan yang
dihadapi IPPNU.
Di
luar IPPNU, Whasfi Velasufah juga aktif dalam lembaga-lembaga NU lainnya. Ia
pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan
Perubahan Iklim (LPBI) NU Tangerang Selatan dan Bendahara LAZISNU (Lembaga Amil
Zakat, Infaq dan Sadaqah Nahdlatul Ulama) Kota Tangerang Selatan.3
Keterlibatan ini menunjukkan komitmennya terhadap isu-isu sosial dan
kemasyarakatan yang menjadi perhatian NU.
Pengalaman
organisasi yang beragam ini kemungkinan besar telah membekali Whasfi Velasufah
dengan keterampilan kepemimpinan, manajemen, dan jaringan yang luas, yang
sangat berguna dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP IPPNU.
Perjalanan karir organisasinya yang bertahap, dari tingkat cabang hingga pusat,
mencerminkan dedikasi dan kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh organisasi.
Karya
dan Kontribusi Signifikan: Jejak Intelektual dan Organisasi
Meskipun
informasi mengenai publikasi ilmiah Whasfi Velasufah secara spesifik terbatas,
beberapa sumber menunjukkan keterlibatannya dalam penulisan dan penelitian.
Bersama dengan Adib Rifqi Setiawan, ia meneliti tentang nilai-nilai pesantren
sebagai dasar pendidikan karakter.19 Penelitian ini menyoroti
pentingnya nilai-nilai yang ada di pesantren sebagai fondasi dalam membentuk
karakter generasi muda.19 Mereka juga menulis esai yang
mengungkapkan keprihatinan terhadap patologi sosial dan degradasi moral di kalangan
generasi penerus bangsa, dengan harapan esai tersebut dapat memberikan
kontribusi dalam upaya menyehatkan kehidupan sosial-keagamaan di Indonesia.22
Selain itu, mereka juga menganalisis video "Deddy Corbuzier dan Mulan
Jameela – A Deep Conversation" menggunakan analisis wacana feminis Sara
Mills, mengkaji bagaimana suara perempuan menghadapi pola pikir dominan
masyarakat.22 Karya-karya lain yang tercatat meliputi penjelasan
singkat tentang pendidikan sains dasar, analisis validitas dan reliabilitas
kuesioner motivasi sains (SMQ-II) dalam Bahasa Indonesia, perspektif Islam
terhadap pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD), dan pengembangan
pariwisata belanja kopi di Colo.22
Sebagai
Ketua Umum PP IPPNU, kontribusi utama Whasfi Velasufah adalah dalam mengarahkan
dan memimpin organisasi pelajar putri NU ini. Visi yang ia usung adalah
"Terlahirnya Pelajar Putri NU Progresif wujudkan IPPNU Masif Menyongsong
Abad Kedua NU dan tantangan Global".12 Misi untuk mewujudkan
visi ini meliputi penguatan citra diri IPPNU dengan internalisasi nilai-nilai
Aswaja an-Nahdliyah dan cinta tanah air, memperkuat kesadaran pelajar putri
tentang kesetaraan dan keadilan gender, mengoptimalkan struktur kepengurusan,
mengembangkan pelajar putri yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan
zaman, serta mengaktualisasikan pelajar putri di era transformasi digital.13
Salah
satu program unggulannya adalah jargon "IPPNU Progresif (Pelajar
Responsif, terOrganisir, Empower, Inovatif, Sustainability)".9
Ini menunjukkan fokus pada pengembangan pelajar putri yang tidak hanya memiliki
pemahaman keagamaan yang kuat tetapi juga mampu beradaptasi dan berkontribusi
dalam konteks global dan digital.
Dampak
dan Pengaruh: Jejak Kepemimpinan Whasfi Velasufah
Kepemimpinan
Whasfi Velasufah di IPPNU memiliki potensi untuk memberikan dampak yang
signifikan terhadap organisasi dan anggotanya. Dengan visi untuk menjadikan
IPPNU lebih progresif dan masif, ia berupaya untuk melahirkan pelajar putri NU
yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki karakter yang
kuat dan responsif terhadap tantangan global.13 Fokus pada
internalisasi nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah dan cinta tanah air diharapkan
dapat memperkuat identitas organisasi dan anggotanya.13
Upaya
untuk memperkuat kesadaran pelajar putri tentang konsep kesetaraan dan keadilan
gender menunjukkan adanya perhatian terhadap isu-isu penting dalam masyarakat
kontemporer.13 Selain itu, misi untuk mengembangkan pelajar putri
yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan zaman serta mengaktualisasikan
mereka di era digital bertujuan untuk menciptakan generasi yang inovatif,
kreatif, edukatif, dan kolaboratif.13
Dalam
menghadapi tantangan internal dan eksternal, Whasfi Velasufah menekankan
pentingnya mengembalikan IPPNU sebagai rumah bagi pelajar dan santri dengan
mengusung tagline "Back to School" dan "Back to Pesantren".26
Ia juga menyoroti ancaman intoleransi, perundungan (bullying), serta kekerasan
fisik dan seksual terhadap pelajar, yang menuntut IPPNU untuk lebih siap dalam
mengikuti perubahan dan menciptakan ruang aman bagi para pelajar putri.26
Harapan
dari para kader IPPNU terhadap kepemimpinan Whasfi Velasufah adalah agar
organisasi ini menjadi wadah bagi anggotanya untuk berkembang dan beradaptasi
dengan isu-isu yang berkembang.28 Ada harapan agar IPPNU tidak hanya
populer tetapi juga menjaga marwah sebagai organisasi yang berilmu dan beradab,
serta memberikan manfaat dan maslahat bagi pelajar putri Indonesia.28
Peningkatan kapasitas dan kualitas kader melalui penguasaan digital juga
dianggap penting untuk menghadapi tantangan zaman.28
Kepemimpinan
dalam organisasi seperti IPPNU memiliki peran krusial dalam membangun
kemandirian organisasi melalui penguatan identitas, pengembangan sumber daya
manusia, pembangunan jaringan dan kemitraan, serta menumbuhkan rasa kepedulian
dan tanggung jawab sosial.29 Kemampuan seorang pemimpin untuk
mengkomunikasikan nilai-nilai dan tujuan organisasi secara jelas, mengembangkan
potensi anggota melalui pelatihan dan pembinaan, membangun hubungan baik dengan
berbagai pihak eksternal, serta mempromosikan nilai-nilai solidaritas dan
keadilan sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi.29
Ulasan
Kritis, Analisis, dan Interpretasi: Memahami Perspektif yang Beragam
Meskipun
sebagian besar pemberitaan mengenai Whasfi Velasufah bersifat informatif dan
positif, penting untuk mempertimbangkan adanya potensi ulasan kritis atau
analisis yang mungkin muncul dari berbagai sumber. Namun, dalam materi
penelitian yang tersedia, ulasan kritis yang secara langsung menyoroti
kepemimpinan atau karya Whasfi Velasufah tidak ditemukan secara eksplisit.
Beberapa
artikel menyoroti tantangan yang dihadapi IPPNU dan pelajar putri secara umum,
seperti ancaman intoleransi, bullying, dan kekerasan seksual.26
Dalam konteks ini, kepemimpinan Whasfi Velasufah diharapkan mampu merespons dan
mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Inisiatif seperti penyediaan konseling
bagi pelajar putri melalui LKPP PP IPPNU dengan fokus pada kesehatan mental dan
kasus kekerasan seksual dan bullying 26 menunjukkan adanya upaya
untuk mengatasi masalah-masalah ini.
Analisis
mengenai gaya kepemimpinan dalam organisasi pelajar seperti IPNU dan IPPNU
menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis, yang melibatkan musyawarah dan
mendengarkan pendapat anggota, dianggap efektif dalam mencapai tujuan
organisasi.30 Kemampuan pemimpin untuk memberikan arahan, memotivasi
anggota, dan memberdayakan mereka juga merupakan faktor penting dalam
keberhasilan organisasi.30
Dalam
konteks pendidikan pesantren, beberapa pandangan mengkritisi potensi infiltrasi
budaya asing yang dapat mempengaruhi perilaku siswa.20 Oleh karena
itu, peran IPPNU di bawah kepemimpinan Whasfi Velasufah juga dapat dilihat
dalam konteks bagaimana organisasi ini membentengi pelajar putri dari pengaruh
negatif dan memperkuat nilai-nilai Islam dan kebangsaan.
Wawancara,
Pidato Publik, dan Pernyataan Lain: Suara Whasfi Velasufah
Beberapa
sumber mencatat pernyataan dan harapan Whasfi Velasufah terkait dengan
kepemimpinannya di IPPNU. Setelah terpilih sebagai Ketua Umum, ia menyampaikan
harapannya agar IPPNU dapat melahirkan pelajar putri yang progresif dan lebih
masif dalam menghadapi abad kedua NU dan tantangan global.21 Ia juga
menekankan pentingnya penyusunan formatur kepengurusan yang solid dan
pengoptimalan kaderisasi.21
Dalam
berbagai kesempatan, Whasfi Velasufah menyoroti pentingnya silaturahmi sebagai
kunci untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan menciptakan lingkungan yang
harmonis.32 Ia juga mengingatkan tentang trilogi IPNU-IPPNU, yaitu
Belajar, Berjuang, dan Bertakwa, sebagai pedoman bagi para kader dalam
menjalankan peran mereka di masyarakat.32
Pernyataan
publik lainnya termasuk tekad untuk mewujudkan IPPNU yang progresif dalam memasuki
abad kedua NU 25 dan komitmen untuk membantu mewujudkan Indonesia
Emas 2045 melalui kontribusi di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan
lingkungan.35 Ia juga menyerukan kepada para santri untuk berani
bersuara dalam mencegah kekerasan seksual di pondok pesantren.36
Sebuah
transkrip tuturan lisan Whasfi Velasufah dalam acara "Bincang
Pelajar" di PK IPPNU MA NU Banat Kudus dengan tema "Perempuan
Multiperan Dengan..." 37 menunjukkan keterlibatannya langsung
dengan kader di tingkat sekolah dan perhatiannya terhadap peran ganda yang
diemban oleh perempuan.
Penghargaan,
Pengakuan, dan Kontroversi: Sorotan terhadap Kiprah
Whasfi
Velasufah terpilih sebagai Ketua Umum PP IPPNU pada Kongres XIX yang diadakan
di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.3 Dalam pemilihan tersebut, ia
memperoleh 285 suara dari 346 suara.3 Kemenangan ini merupakan
bentuk pengakuan atas dedikasi dan potensi kepemimpinannya.
Meskipun
tidak secara langsung merupakan penghargaan untuk Whasfi Velasufah secara
pribadi, di bawah kepemimpinannya, PP IPPNU memberikan penghargaan kepada
kepengurusan terbaik di berbagai tingkatan pada pembukaan Konferensi Besar
(KONBES) IPPNU 2024.38 Penghargaan ini diberikan kepada PW IPPNU
Jawa Timur dan Lampung atas jumlah PK terbanyak, PW IPPNU Yogyakarta atas
program inovasi komisariat sekolah, dan PK IPPNU MA NU Banat Kudus atas program
inovasi komisariat pesantren.38 Penghargaan kepada PK IPPNU MA NU
Banat Kudus, tempat Whasfi Velasufah pernah bersekolah 3,
menunjukkan adanya apresiasi terhadap kinerja kader di tingkat akar rumput.
Terkait
kontroversi, Kongres XIX IPPNU sempat diwarnai kericuhan saat proses pemilihan
ketua umum.16 Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan
adanya pelemparan kursi dan protes yang ditujukan kepada pimpinan sidang.16
Diduga, kericuhan tersebut terkait dengan partisipasi anggota dan tuduhan
adanya pihak-pihak yang memanfaatkan kongres.16 Whasfi Velasufah
sendiri menolak berkomentar mengenai kontroversi tersebut dan mengarahkan
pertanyaan kepada panitia penyelenggara.16 Meskipun demikian,
insiden ini menjadi catatan dalam proses terpilihnya Whasfi Velasufah sebagai
Ketua Umum.
Artikel
Berita, Esai, dan Sumber Lain: Perspektif Tambahan
Berbagai
artikel berita dan esai memberikan perspektif tambahan mengenai Whasfi
Velasufah dan relevansinya. Artikel-artikel tersebut umumnya memberitakan
tentang terpilihnya ia sebagai Ketua Umum PP IPPNU 3 dan visi
misinya untuk membawa IPPNU menjadi organisasi yang lebih progresif dan masif.13
Profil dirinya sebagai kader NU asal Kudus yang memiliki pengalaman organisasi
yang luas juga banyak diangkat.10
Esai-esai
seperti "Harlah IPPNU, Vela: Bantu Wujudkan Indonesia Emas" menyoroti
harapannya agar IPPNU dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.35
Artikel lain menyoroti penekanannya pada pentingnya silaturahmi 32
dan komitmennya untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi pelajar putri,
termasuk intoleransi dan kekerasan.26
Situs
web resmi IPPNU (ippnu.or.id) dan berbagai platform media sosial serta situs
web afiliasi (seperti pelajarnusidoarjo.org 40,
pkptipnuippnuunej.wordpress.com 41, smkislam2durenan.sch.id 43,
dan ipnuippnukrpd.home.blog 44) juga menjadi sumber informasi
penting mengenai kegiatan dan program organisasi di bawah kepemimpinan Whasfi
Velasufah. Situs web NU Online (nu.or.id) 45 dan berbagai portal
berita NU di tingkat wilayah dan cabang juga memberikan liputan yang signifikan
mengenai berbagai kegiatan IPPNU dan pernyataan dari ketua umumnya.
Kesimpulan
Analisis
terhadap berbagai sumber informasi menunjukkan bahwa Whasfi Velasufah adalah
sosok pemimpin muda yang memiliki latar belakang pendidikan dan organisasi yang
kuat dalam tradisi Nahdlatul Ulama. Perjalanan pendidikannya yang konsisten
melalui institusi NU, termasuk pesantren, telah membentuk pemahaman keagamaan
dan nilai-nilai yang mendasarinya. Pengalamannya yang beragam dalam berbagai
tingkatan kepengurusan IPPNU, dari tingkat cabang hingga pusat, serta
keterlibatannya dalam lembaga-lembaga NU lainnya, memberikan bekal yang berharga
dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP IPPNU.
Visi
untuk menjadikan IPPNU lebih progresif dan masif, dengan fokus pada
pengembangan pelajar putri yang responsif, terorganisir, berdaya, inovatif, dan
berkelanjutan, menunjukkan adanya kesadaran akan tantangan zaman dan komitmen
untuk memberdayakan generasi muda perempuan NU. Penekanannya pada nilai-nilai
Aswaja an-Nahdliyah, cinta tanah air, kesetaraan gender, dan penguasaan
teknologi digital merupakan respons terhadap kebutuhan dan dinamika masyarakat
kontemporer.
Meskipun
terpilihnya Whasfi Velasufah diwarnai dengan sedikit kontroversi, dukungan yang
ia peroleh dari mayoritas peserta kongres menunjukkan kepercayaan dan harapan
yang besar terhadap kepemimpinannya. Berbagai pernyataan publiknya mencerminkan
komitmen terhadap nilai-nilai NU, perhatian terhadap isu-isu sosial dan
kebangsaan, serta harapan untuk kemajuan IPPNU dan kontribusinya terhadap
Indonesia.
Studi
lebih lanjut dapat dilakukan untuk menganalisis secara lebih mendalam dampak
program-program IPPNU di bawah kepemimpinan Whasfi Velasufah, serta bagaimana
ia merespons tantangan-tantangan internal dan eksternal yang dihadapi
organisasi. Analisis wacana terhadap pernyataan dan pidato publiknya juga dapat
memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang visi dan gaya kepemimpinannya.
Referensi
1.
Ikatan Pelajar Putri
Nahdlatul Ulama - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diakses April
7, 2025, https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Pelajar_Putri_Nahdlatul_Ulama
2.
Ikatan Pelajar Nahdlatul
Ulama - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diakses April 7, 2025, https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Pelajar_Nahdlatul_Ulama
3.
Ini Profil Whasfi Velasufah
Ketua Umum IPPNU Terpilih - NU Online Lampung, diakses April 7, 2025, https://lampung.nu.or.id/warta/ini-profil-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih-AQe5W
4.
Whasfi Velasufah Ketua Umum
IPPNU Periode 2022-2025 - SINDOnews.com, diakses April 7, 2025, https://nasional.sindonews.com/read/856475/15/whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-periode-2022-2025-1660543683
5.
Terpilih sebagai Ketua PP
IPPNU, Begini Profil Whasfi Velasufah - IAINU Tuban, diakses April 7, 2025, https://iainutuban.ac.id/2022/08/15/terpilih-sebagai-ketua-pp-ippnu-begini-profil-whasfi-velasufah/
6.
Profil Whasfi Velasufah,
Ketua Umum IPPNU Masa Khidmah 2022-2025 - NU Online Jabar, diakses April 7,
2025, https://jabar.nu.or.id/nasional/profil-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-masa-khidmah-2022-2025-ceVY7
7.
Profil Whasfi Velasufah
yang Terpilih Jadi Ketum IPPNU Periode 2022-2025 - suara sumut, diakses April
7, 2025, https://sumut.suara.com/read/2022/08/15/111736/profil-whasfi-velasufah-yang-terpilih-jadi-ketum-ippnu-periode-2022-2025
8.
Washfi Velasufah Terpilih
Sebagai Ketua Umum PP IPPNU 2022-2025 - NU Online, diakses April 7, 2025, https://www.nu.or.id/nasional/washfi-velasufah-terpilih-sebagai-ketua-umum-pp-ippnu-2022-2025-JuEGk
9.
Whasfi Velasufah Terpilih
Jadi Ketua Umum IPPNU 2022-2025 - ReporterID, diakses April 7, 2025, https://reporter.id/2022/08/15/whasfi-velasufah-terpilih-jadi-ketua-umum-ippnu-2022-2025/
10. Kader IPPNU Asal Kudus Washfi Velasufah Pimpin IPPNU Pusat - NU Jateng,
diakses April 7, 2025, https://jateng.nu.or.id/nasional/kader-ippnu-asal-kudus-washfi-velasufah-pimpin-ippnu-pusat-BN0Km
11. Dua Pimpinan Terpilih Ketua Umum IPNU dan IPPNU Masa Khidmah 2022-2025,
Berikut Profil Selengkapnya - Kompasiana.com, diakses April 7, 2025, https://www.kompasiana.com/rickysafrijal/62fb328208a8b525b01fde92/dua-pimpinan-terpilih-ketua-umum-ipnu-dan-ippnu-masa-khidmah-2022-2025-berikut-profil-selengkapnya
12. Ini Sosok Whasfi Velasufah, Ketua Umum IPPNU Terpilih, diakses April 7,
2025, https://ipnuippnukokop.or.id/ini-sosok-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih/
13. Rekanita Whasfi Velasufah, Ketua Umum IPPNU Terpilih Masa Khidmat
2022-2025, diakses April 7, 2025, https://pelajarnusidoarjo.org/rekanita-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih-masa-khidmat-2022-2025/
14. Whasfi Velasufah, Kader Asal Kudus Jadi Ketua Umum PP IPPNU - Suara
Nahdliyin, diakses April 7, 2025, https://suaranahdliyin.com/whasfi-velasufah-kader-asal-kudus-jadi-ketua-umum-pp-ippnu-28346
15. Terbanyak, Payakumbuh Tetapkan Pasangan Calon Kepala Daerah -
Medikita.com, diakses April 7, 2025, https://medikita.com/terbanyak-payakumbuh-tetapkan-pasangan-calon-kepala-daerah/
16. Duduk Perkara Viral Video Kongres Pelajar Putri NU Ricuh, Peserta ...,
diakses April 7, 2025, https://www.kompas.tv/nasional/319462/duduk-perkara-viral-video-kongres-pelajar-putri-nu-ricuh-peserta-lempar-kursi?page=all
17. Sah! Whasfi Velasufah Ketua Umum PP IPPNU Terpilih | NU Online Jatim,
diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/sah-whasfi-velasufah-ketua-umum-pp-ippnu-terpilih-RRmmX
18. Mengenal Whasfi Velasufah, Ketum PP IPPNU Baru - NU Online Jatim,
diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/mengenal-whasfi-velasufah-ketum-pp-ippnu-baru-tgwwb
19. Study of the Axiology Values of Pesantren - Journal, diakses April 7,
2025, https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/santri/article/download/700/364/
20. Construction of Religious Habitus in Indonesian Islamic Boarding Schools
- Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, diakses April 7, 2025, https://journal.blasemarang.id/index.php/smart/article/download/2458/679
21. Whasfi Velasufah Bertekad Wujudkan IPPNU Progresif dan Massif, diakses
April 7, 2025, https://www.pelajarnungronggot.or.id/2022/08/washfi-velasufah-bertekad-wujudkan.html
22. Whasfi Velasufah's research works - ResearchGate, diakses April 7, 2025,
https://www.researchgate.net/scientific-contributions/Whasfi-Velasufah-2162514711
23. Pengembangan Karakter Akademik Santri Melalui Musyawarah Keagamaan Di
Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin | Abdullah | BEST Journal (Biology
Education, Sains and Technology) - Jurnal UISU, diakses April 7, 2025, https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/10569
24. The concept of “love” of bandung mayor-ridwan kamil observed from
articles published in newspapers and social media in Indonesia: Semantic
cognitive approach | Request PDF - ResearchGate, diakses April 7, 2025, https://www.researchgate.net/publication/326404829_The_concept_of_love_of_bandung_mayor-ridwan_kamil_observed_from_articles_published_in_newspapers_and_social_media_in_Indonesia_Semantic_cognitive_approach
25. Tekad Whasfi Velasufah, Wujudkan IPPNU Progresif Masuki Abad Kedua NU,
diakses April 7, 2025, https://jabar.nu.or.id/nasional/tekad-whasfi-velasufah-wujudkan-ippnu-progresif-masuki-abad-kedua-nu-FEYGt
26. Pengurus Pimpinan Pusat IPPNU Resmi Dilantik - ANTARA News ..., diakses
April 7, 2025, https://banten.antaranews.com/berita/237462/pengurus-pimpinan-pusat-ippnu-resmi-dilantik
27. Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU Periode 2022-2025 Siap Jadi Rumah Generasi
Muda NU, diakses April 7, 2025, https://www.detikindonesia.co.id/resmi-dilantik-ipnu-ippnu-periode-2022-2025-siap-jadi-rumah-generasi-muda-nu/
28. Berikut Harapan Kader pada Ketum PP IPPNU Terpilih | NU Online ...,
diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/berikut-harapan-kader-pada-ketum-pp-ippnu-terpilih-E7o5L
29. Peran Kepemimpinan dalam Membangun Kemandirian Organisasi IPNU dan IPPNU,
diakses April 7, 2025, https://www.kompasiana.com/muhammadafilazimi/65d6d2fbde948f25521c8083/peran-kepemimpinan-dalam-membangun-kemandirian-organisasi-ikatan-pelajar-nahdlatul-ulama-ipnu-ikatan-pelajar-putri-nahdlatul-ulama-ippnu
30. Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Peningkatan Kinerja Organisasi IPNU
IPPNU Desa Kedungboto - Pusat Riset dan Inovasi Nasional, diakses April 7,
2025, https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jupiman/article/download/3279/3068/9481
31. MACAM MODEL KEPEMIMPINAN DI PESANTREN (Studi Kasus Pesantren di Jawa
Timur) - Kopertais 4, diakses April 7, 2025, https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3781/2763
32. Ketua Umum IPPNU Tekankan Pentingnya Silaturahmi untuk ..., diakses
April 7, 2025, https://nu.or.id/jateng/ketua-umum-ippnu-tekankan-pentingnya-silaturahmi-untuk-wujudkan-kehidupan-harmonis-nan-berkah-VL2PC
33. Ketua Umum IPPNU Tekankan Pentingnya Silaturahmi untuk Wujudkan
Kehidupan Harmonis nan Berkah - NU Online, diakses April 7, 2025, https://islam.nu.or.id/amp/jateng/ketua-umum-ippnu-tekankan-pentingnya-silaturahmi-untuk-wujudkan-kehidupan-harmonis-nan-berkah-VL2PC
34. Informasi Berita Pelajar Nu Terbaru Hari Ini - NU Online Jabar, diakses
April 7, 2025, https://jabar.nu.or.id/tag/pelajar-nu/5
35. Harlah IPPNU, Vela: Bantu Wujudkan Indonesia Emas - Risalah NU, diakses
April 7, 2025, https://www.risalahnu.com/4358/2024/02/28/harlah-ippnu-vela-bantu-wujudkan-indonesia-emas/
36. Cegah Kekerasan Seksual di Pondok Pesantren, IPPNU Minta Santri Berani
Bersuara, diakses April 7, 2025, https://www.tribunnews.com/nasional/2023/03/12/cegah-kekerasan-seksual-di-pondok-pesantren-ippnu-minta-santri-berani-bersuara
37. Transkrip Tuturan Lisan Whasfi Velasufah dalam Bincang Pelajar PK IPPNU
MA NU Banat Kudus - ResearchGate, diakses April 7, 2025, https://www.researchgate.net/publication/362298083_Transkrip_Tuturan_Lisan_Whasfi_Velasufah_dalam_Bincang_Pelajar_PK_IPPNU_MA_NU_Banat_Kudus
38. PP IPPNU Berikan Penghargaan kepada Kepengurusan Terbaik ..., diakses
April 7, 2025, https://www.berjutapena.or.id/2024/10/31/pp-ippnu-berikan-penghargaan-kepada-kepengurusan-terbaik-pada-pembukaan-konbes-ippnu-2024/
39. Ketua Umum PP IPPNU Velasufah Disiapkan Jadi Kader IPPNU Sejak di
Madrasah Ibtidaiyah - NU Jateng, diakses April 7, 2025, https://jateng.nu.or.id/sosok/ketua-umum-pp-ippnu-velasufah-disiapkan-jadi-kader-ippnu-sejak-di-madrasah-ibtidaiyah-DKi51
40. PELAJAR NU SIDOARJO - Belajar Berjuang Bertaqwa, diakses April 7, 2025, https://pelajarnusidoarjo.org/
41. PKPT IPNU IPPNU UNEJ: Official Website, diakses April 7, 2025, https://pkptipnuippnuunej.wordpress.com/
42. Dept. Kaderisasi - PKPT IPNU IPPNU UNEJ - WordPress.com, diakses April
7, 2025, https://pkptipnuippnuunej.wordpress.com/dept-kaderisasi/
43. PK IPNU/IPPNU - SMK Islam 2 Durenan, diakses April 7, 2025, https://smkislam2durenan.sch.id/pk-ipnu-ippnu/
44. New New ! Website Official PAC Ipnu Ippnu Karangpandan, diakses April 7,
2025, https://ipnuippnukrpd.home.blog/2019/01/07/new-new-website-official-pac-ipnu-ippnu-karangpandan/
45. NU Online - Beranda Islam Indonesia, diakses April 7, 2025, https://www.nu.or.id/