Kepemimpinan Whasfi Velasufah dalam Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama

Kepemimpinan Whasfi Velasufah dalam Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama


Organisasi kepemudaan memainkan peran penting dalam masyarakat sipil Indonesia, terutama yang berafiliasi dengan badan keagamaan besar seperti Nahdlatul Ulama (NU). Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), sebagai organisasi otonom yang bergerak di kalangan pelajar putri NU, memiliki sejarah panjang dan kontribusi signifikan dalam pembinaan generasi muda perempuan Islam di Indonesia.1 Dalam konteks ini, kepemimpinan memegang peranan sentral dalam mengarahkan gerak organisasi dan merespons dinamika zaman. Whasfi Velasufah saat ini mengemban amanah sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) IPPNU untuk masa khidmah 2022-2025.3 Pemilihan dirinya sebagai ketua umum merupakan peristiwa penting dalam organisasi, mengingat IPPNU adalah bagian integral dari NU, organisasi Muslim terbesar di Indonesia.

Artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap latar belakang, pendidikan, kontribusi signifikan, dampak, analisis kritis, pernyataan publik, serta penghargaan dan kontroversi yang terkait dengan Whasfi Velasufah. Uraian yang disajikan berupaya untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan ilmiah mengenai kepemimpinannya dalam konteks IPPNU dan relevansinya dalam masyarakat Indonesia. Uraian ini penting secara akademis dan sosial karena menyoroti kepemimpinan pemuda kontemporer di Indonesia, peran perempuan dalam organisasi Islam, dan dinamika yang berkembang dalam tubuh NU. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini adalah analisis terhadap informasi publik yang tersedia, termasuk artikel berita, situs web organisasi, basis data akademik, dan sumber-sumber relevan lainnya.

Perhatian yang besar dari berbagai media terhadap terpilihnya Whasfi Velasufah sebagai Ketua Umum 3 menunjukkan bahwa kepemimpinannya dianggap sebagai perkembangan penting dalam IPPNU dan komunitas NU secara luas. Perubahan kepemimpinan dalam organisasi besar seperti IPPNU seringkali mengindikasikan adanya perubahan prioritas dan arah organisasi. Oleh karena itu, pemahaman tentang latar belakang dan visi Whasfi Velasufah menjadi krusial untuk memahami arah IPPNU saat ini. Selain itu, status IPPNU sebagai badan otonom NU 1 memberikan kerangka penting untuk memahami peran Whasfi Velasufah. Tindakan dan pernyataannya sebagai Ketua Umum kemungkinan mencerminkan dan memengaruhi agenda serta nilai-nilai NU yang lebih luas. Mempelajari kepemimpinannya dapat memberikan wawasan tentang bagaimana NU melibatkan kaum muda dan mempromosikan nilai-nilainya di kalangan pelajar putri. Lebih lanjut, penyebutan nama IPPNU sebelumnya sebagai "Ikatan Putri-Putri Nahdlatul Ulama" 1 menawarkan perspektif historis dan menyiratkan potensi evolusi dalam persepsi diri dan tujuan organisasi dari waktu ke waktu. Perubahan nama ini mungkin relevan ketika menganalisis visi kontemporer Whasfi Velasufah untuk organisasi tersebut.

Kehidupan Awal dan Pendidikan: Menelusuri Tahun-Tahun Pembentukan dan Perjalanan Akademik

Whasfi Velasufah menempuh pendidikan dasar dan menengah di Kudus, Jawa Tengah. Ia tercatat sebagai siswa di TK Al Hidayah Kudus, kemudian melanjutkan ke Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama (MI NU) Tsamrotul Wathon Kudus, dan Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Banat Kudus.3 Keterlibatan yang konsisten dengan institusi pendidikan Nahdlatul Ulama sejak usia dini menunjukkan adanya hubungan yang mendalam dengan nilai-nilai dan komunitas organisasi tersebut. Selain pendidikan formal, Whasfi Velasufah juga memiliki pengalaman yang kuat dalam pendidikan pesantren. Ia secara konsisten tinggal di pesantren selama masa pendidikannya, termasuk di Pondok Pesantren An-Nahdlah Depok, Pondok Pesantren Yanabi'ul Ulum Warrohmah Kudus, dan Pondok Pesantren Dar El Hikam Ciputat.3 Pendidikan pesantren memiliki peran signifikan dalam membentuk karakter, pemahaman keagamaan, dan keterlibatan komunitas dalam tradisi NU.19 Studi yang dilakukan oleh Velasufah dan Setiawan (2020) meneliti nilai-nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter, menyoroti bagaimana nilai-nilai di pesantren dapat digunakan sebagai landasan pendidikan karakter.19

Perjalanan akademiknya berlanjut ke jenjang perguruan tinggi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tempat ia meraih gelar sarjana, dan kemudian melanjutkan program magister di Universitas Indonesia.3 Kombinasi studi Islam di UIN dan disiplin ilmu yang lebih luas di UI menunjukkan perkembangan intelektual yang komprehensif.

Tabel berikut merangkum perjalanan pendidikan Whasfi Velasufah:

Institusi

Tingkat

Lokasi

TK Al Hidayah Kudus

Taman Kanak-kanak

Kudus

MI NU Tsamrotul Wathon Kudus

Sekolah Dasar

Kudus

MTs An-Nahdlah Islamic Boarding School Depok

Sekolah Menengah Pertama

Depok

MA NU Banat Kudus

Sekolah Menengah Atas

Kudus

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Sarjana

Jakarta

Universitas Indonesia

Magister

Jakarta

Pesantren An-Nahdlah Depok

Non-formal

Depok

Pesantren Yanabi'ul Ulum Warrohmah Kudus

Non-formal

Kudus

Pesantren Dar El Hikam Ciputat

Non-formal

Tangerang Selatan


Pengalaman pendidikan formal dan non-formal yang dijalani Whasfi Velasufah menunjukkan fondasi yang kuat dalam nilai-nilai Nahdlatul Ulama dan pemahaman keagamaan yang mendalam. Keterlibatannya yang berkelanjutan dengan institusi NU sejak usia dini kemungkinan besar telah membentuk pandangan dan nilai-nilai yang ia bawa dalam kepemimpinannya di IPPNU.

Afiliasi Kelembagaan dan Pengalaman Organisasi: Membangun Jejak Kepemimpinan

Selain pendidikan formal, Whasfi Velasufah memiliki riwayat keterlibatan yang kaya dalam berbagai organisasi, terutama di dalam Nahdlatul Ulama. Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum PP IPPNU, ia telah aktif dalam berbagai tingkatan kepengurusan organisasi. Pada periode 2019-2022, ia menjabat sebagai Bendahara Umum PP IPPNU, mengelola keuangan organisasi pelajar putri NU.3 Sebelumnya, pada masa khidmah 2015-2018, ia menjadi bagian dari pengurus Kaderisasi PP IPPNU.3 Pengalaman dalam bidang kaderisasi ini menunjukkan pemahaman mendalam tentang pentingnya pengembangan sumber daya manusia dalam organisasi.

Keterlibatannya tidak terbatas pada tingkat pusat. Pada tahun 2017, Whasfi Velasufah juga dipercaya untuk mengurusi kaderisasi di Pimpinan Wilayah (PW) IPPNU Banten.3 Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kota Tangerang Selatan.3 Pengalaman di berbagai tingkatan organisasi ini memberikan perspektif yang luas tentang dinamika dan tantangan yang dihadapi IPPNU.

Di luar IPPNU, Whasfi Velasufah juga aktif dalam lembaga-lembaga NU lainnya. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Tangerang Selatan dan Bendahara LAZISNU (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sadaqah Nahdlatul Ulama) Kota Tangerang Selatan.3 Keterlibatan ini menunjukkan komitmennya terhadap isu-isu sosial dan kemasyarakatan yang menjadi perhatian NU.

Pengalaman organisasi yang beragam ini kemungkinan besar telah membekali Whasfi Velasufah dengan keterampilan kepemimpinan, manajemen, dan jaringan yang luas, yang sangat berguna dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP IPPNU. Perjalanan karir organisasinya yang bertahap, dari tingkat cabang hingga pusat, mencerminkan dedikasi dan kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh organisasi.

Karya dan Kontribusi Signifikan: Jejak Intelektual dan Organisasi

Meskipun informasi mengenai publikasi ilmiah Whasfi Velasufah secara spesifik terbatas, beberapa sumber menunjukkan keterlibatannya dalam penulisan dan penelitian. Bersama dengan Adib Rifqi Setiawan, ia meneliti tentang nilai-nilai pesantren sebagai dasar pendidikan karakter.19 Penelitian ini menyoroti pentingnya nilai-nilai yang ada di pesantren sebagai fondasi dalam membentuk karakter generasi muda.19 Mereka juga menulis esai yang mengungkapkan keprihatinan terhadap patologi sosial dan degradasi moral di kalangan generasi penerus bangsa, dengan harapan esai tersebut dapat memberikan kontribusi dalam upaya menyehatkan kehidupan sosial-keagamaan di Indonesia.22 Selain itu, mereka juga menganalisis video "Deddy Corbuzier dan Mulan Jameela – A Deep Conversation" menggunakan analisis wacana feminis Sara Mills, mengkaji bagaimana suara perempuan menghadapi pola pikir dominan masyarakat.22 Karya-karya lain yang tercatat meliputi penjelasan singkat tentang pendidikan sains dasar, analisis validitas dan reliabilitas kuesioner motivasi sains (SMQ-II) dalam Bahasa Indonesia, perspektif Islam terhadap pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan (ESD), dan pengembangan pariwisata belanja kopi di Colo.22

Sebagai Ketua Umum PP IPPNU, kontribusi utama Whasfi Velasufah adalah dalam mengarahkan dan memimpin organisasi pelajar putri NU ini. Visi yang ia usung adalah "Terlahirnya Pelajar Putri NU Progresif wujudkan IPPNU Masif Menyongsong Abad Kedua NU dan tantangan Global".12 Misi untuk mewujudkan visi ini meliputi penguatan citra diri IPPNU dengan internalisasi nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah dan cinta tanah air, memperkuat kesadaran pelajar putri tentang kesetaraan dan keadilan gender, mengoptimalkan struktur kepengurusan, mengembangkan pelajar putri yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan zaman, serta mengaktualisasikan pelajar putri di era transformasi digital.13

Salah satu program unggulannya adalah jargon "IPPNU Progresif (Pelajar Responsif, terOrganisir, Empower, Inovatif, Sustainability)".9 Ini menunjukkan fokus pada pengembangan pelajar putri yang tidak hanya memiliki pemahaman keagamaan yang kuat tetapi juga mampu beradaptasi dan berkontribusi dalam konteks global dan digital.

Dampak dan Pengaruh: Jejak Kepemimpinan Whasfi Velasufah

Kepemimpinan Whasfi Velasufah di IPPNU memiliki potensi untuk memberikan dampak yang signifikan terhadap organisasi dan anggotanya. Dengan visi untuk menjadikan IPPNU lebih progresif dan masif, ia berupaya untuk melahirkan pelajar putri NU yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan responsif terhadap tantangan global.13 Fokus pada internalisasi nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah dan cinta tanah air diharapkan dapat memperkuat identitas organisasi dan anggotanya.13

Upaya untuk memperkuat kesadaran pelajar putri tentang konsep kesetaraan dan keadilan gender menunjukkan adanya perhatian terhadap isu-isu penting dalam masyarakat kontemporer.13 Selain itu, misi untuk mengembangkan pelajar putri yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan zaman serta mengaktualisasikan mereka di era digital bertujuan untuk menciptakan generasi yang inovatif, kreatif, edukatif, dan kolaboratif.13

Dalam menghadapi tantangan internal dan eksternal, Whasfi Velasufah menekankan pentingnya mengembalikan IPPNU sebagai rumah bagi pelajar dan santri dengan mengusung tagline "Back to School" dan "Back to Pesantren".26 Ia juga menyoroti ancaman intoleransi, perundungan (bullying), serta kekerasan fisik dan seksual terhadap pelajar, yang menuntut IPPNU untuk lebih siap dalam mengikuti perubahan dan menciptakan ruang aman bagi para pelajar putri.26

Harapan dari para kader IPPNU terhadap kepemimpinan Whasfi Velasufah adalah agar organisasi ini menjadi wadah bagi anggotanya untuk berkembang dan beradaptasi dengan isu-isu yang berkembang.28 Ada harapan agar IPPNU tidak hanya populer tetapi juga menjaga marwah sebagai organisasi yang berilmu dan beradab, serta memberikan manfaat dan maslahat bagi pelajar putri Indonesia.28 Peningkatan kapasitas dan kualitas kader melalui penguasaan digital juga dianggap penting untuk menghadapi tantangan zaman.28

Kepemimpinan dalam organisasi seperti IPPNU memiliki peran krusial dalam membangun kemandirian organisasi melalui penguatan identitas, pengembangan sumber daya manusia, pembangunan jaringan dan kemitraan, serta menumbuhkan rasa kepedulian dan tanggung jawab sosial.29 Kemampuan seorang pemimpin untuk mengkomunikasikan nilai-nilai dan tujuan organisasi secara jelas, mengembangkan potensi anggota melalui pelatihan dan pembinaan, membangun hubungan baik dengan berbagai pihak eksternal, serta mempromosikan nilai-nilai solidaritas dan keadilan sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi.29

Ulasan Kritis, Analisis, dan Interpretasi: Memahami Perspektif yang Beragam

Meskipun sebagian besar pemberitaan mengenai Whasfi Velasufah bersifat informatif dan positif, penting untuk mempertimbangkan adanya potensi ulasan kritis atau analisis yang mungkin muncul dari berbagai sumber. Namun, dalam materi penelitian yang tersedia, ulasan kritis yang secara langsung menyoroti kepemimpinan atau karya Whasfi Velasufah tidak ditemukan secara eksplisit.

Beberapa artikel menyoroti tantangan yang dihadapi IPPNU dan pelajar putri secara umum, seperti ancaman intoleransi, bullying, dan kekerasan seksual.26 Dalam konteks ini, kepemimpinan Whasfi Velasufah diharapkan mampu merespons dan mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Inisiatif seperti penyediaan konseling bagi pelajar putri melalui LKPP PP IPPNU dengan fokus pada kesehatan mental dan kasus kekerasan seksual dan bullying 26 menunjukkan adanya upaya untuk mengatasi masalah-masalah ini.

Analisis mengenai gaya kepemimpinan dalam organisasi pelajar seperti IPNU dan IPPNU menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan demokratis, yang melibatkan musyawarah dan mendengarkan pendapat anggota, dianggap efektif dalam mencapai tujuan organisasi.30 Kemampuan pemimpin untuk memberikan arahan, memotivasi anggota, dan memberdayakan mereka juga merupakan faktor penting dalam keberhasilan organisasi.30

Dalam konteks pendidikan pesantren, beberapa pandangan mengkritisi potensi infiltrasi budaya asing yang dapat mempengaruhi perilaku siswa.20 Oleh karena itu, peran IPPNU di bawah kepemimpinan Whasfi Velasufah juga dapat dilihat dalam konteks bagaimana organisasi ini membentengi pelajar putri dari pengaruh negatif dan memperkuat nilai-nilai Islam dan kebangsaan.

Wawancara, Pidato Publik, dan Pernyataan Lain: Suara Whasfi Velasufah

Beberapa sumber mencatat pernyataan dan harapan Whasfi Velasufah terkait dengan kepemimpinannya di IPPNU. Setelah terpilih sebagai Ketua Umum, ia menyampaikan harapannya agar IPPNU dapat melahirkan pelajar putri yang progresif dan lebih masif dalam menghadapi abad kedua NU dan tantangan global.21 Ia juga menekankan pentingnya penyusunan formatur kepengurusan yang solid dan pengoptimalan kaderisasi.21

Dalam berbagai kesempatan, Whasfi Velasufah menyoroti pentingnya silaturahmi sebagai kunci untuk mempererat ukhuwah Islamiyah dan menciptakan lingkungan yang harmonis.32 Ia juga mengingatkan tentang trilogi IPNU-IPPNU, yaitu Belajar, Berjuang, dan Bertakwa, sebagai pedoman bagi para kader dalam menjalankan peran mereka di masyarakat.32

Pernyataan publik lainnya termasuk tekad untuk mewujudkan IPPNU yang progresif dalam memasuki abad kedua NU 25 dan komitmen untuk membantu mewujudkan Indonesia Emas 2045 melalui kontribusi di bidang pendidikan, sosial, ekonomi, dan lingkungan.35 Ia juga menyerukan kepada para santri untuk berani bersuara dalam mencegah kekerasan seksual di pondok pesantren.36

Sebuah transkrip tuturan lisan Whasfi Velasufah dalam acara "Bincang Pelajar" di PK IPPNU MA NU Banat Kudus dengan tema "Perempuan Multiperan Dengan..." 37 menunjukkan keterlibatannya langsung dengan kader di tingkat sekolah dan perhatiannya terhadap peran ganda yang diemban oleh perempuan.

Penghargaan, Pengakuan, dan Kontroversi: Sorotan terhadap Kiprah

Whasfi Velasufah terpilih sebagai Ketua Umum PP IPPNU pada Kongres XIX yang diadakan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.3 Dalam pemilihan tersebut, ia memperoleh 285 suara dari 346 suara.3 Kemenangan ini merupakan bentuk pengakuan atas dedikasi dan potensi kepemimpinannya.

Meskipun tidak secara langsung merupakan penghargaan untuk Whasfi Velasufah secara pribadi, di bawah kepemimpinannya, PP IPPNU memberikan penghargaan kepada kepengurusan terbaik di berbagai tingkatan pada pembukaan Konferensi Besar (KONBES) IPPNU 2024.38 Penghargaan ini diberikan kepada PW IPPNU Jawa Timur dan Lampung atas jumlah PK terbanyak, PW IPPNU Yogyakarta atas program inovasi komisariat sekolah, dan PK IPPNU MA NU Banat Kudus atas program inovasi komisariat pesantren.38 Penghargaan kepada PK IPPNU MA NU Banat Kudus, tempat Whasfi Velasufah pernah bersekolah 3, menunjukkan adanya apresiasi terhadap kinerja kader di tingkat akar rumput.

Terkait kontroversi, Kongres XIX IPPNU sempat diwarnai kericuhan saat proses pemilihan ketua umum.16 Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan adanya pelemparan kursi dan protes yang ditujukan kepada pimpinan sidang.16 Diduga, kericuhan tersebut terkait dengan partisipasi anggota dan tuduhan adanya pihak-pihak yang memanfaatkan kongres.16 Whasfi Velasufah sendiri menolak berkomentar mengenai kontroversi tersebut dan mengarahkan pertanyaan kepada panitia penyelenggara.16 Meskipun demikian, insiden ini menjadi catatan dalam proses terpilihnya Whasfi Velasufah sebagai Ketua Umum.

Artikel Berita, Esai, dan Sumber Lain: Perspektif Tambahan

Berbagai artikel berita dan esai memberikan perspektif tambahan mengenai Whasfi Velasufah dan relevansinya. Artikel-artikel tersebut umumnya memberitakan tentang terpilihnya ia sebagai Ketua Umum PP IPPNU 3 dan visi misinya untuk membawa IPPNU menjadi organisasi yang lebih progresif dan masif.13 Profil dirinya sebagai kader NU asal Kudus yang memiliki pengalaman organisasi yang luas juga banyak diangkat.10

Esai-esai seperti "Harlah IPPNU, Vela: Bantu Wujudkan Indonesia Emas" menyoroti harapannya agar IPPNU dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.35 Artikel lain menyoroti penekanannya pada pentingnya silaturahmi 32 dan komitmennya untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi pelajar putri, termasuk intoleransi dan kekerasan.26

Situs web resmi IPPNU (ippnu.or.id) dan berbagai platform media sosial serta situs web afiliasi (seperti pelajarnusidoarjo.org 40, pkptipnuippnuunej.wordpress.com 41, smkislam2durenan.sch.id 43, dan ipnuippnukrpd.home.blog 44) juga menjadi sumber informasi penting mengenai kegiatan dan program organisasi di bawah kepemimpinan Whasfi Velasufah. Situs web NU Online (nu.or.id) 45 dan berbagai portal berita NU di tingkat wilayah dan cabang juga memberikan liputan yang signifikan mengenai berbagai kegiatan IPPNU dan pernyataan dari ketua umumnya.

Kesimpulan

Analisis terhadap berbagai sumber informasi menunjukkan bahwa Whasfi Velasufah adalah sosok pemimpin muda yang memiliki latar belakang pendidikan dan organisasi yang kuat dalam tradisi Nahdlatul Ulama. Perjalanan pendidikannya yang konsisten melalui institusi NU, termasuk pesantren, telah membentuk pemahaman keagamaan dan nilai-nilai yang mendasarinya. Pengalamannya yang beragam dalam berbagai tingkatan kepengurusan IPPNU, dari tingkat cabang hingga pusat, serta keterlibatannya dalam lembaga-lembaga NU lainnya, memberikan bekal yang berharga dalam menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum PP IPPNU.

Visi untuk menjadikan IPPNU lebih progresif dan masif, dengan fokus pada pengembangan pelajar putri yang responsif, terorganisir, berdaya, inovatif, dan berkelanjutan, menunjukkan adanya kesadaran akan tantangan zaman dan komitmen untuk memberdayakan generasi muda perempuan NU. Penekanannya pada nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah, cinta tanah air, kesetaraan gender, dan penguasaan teknologi digital merupakan respons terhadap kebutuhan dan dinamika masyarakat kontemporer.

Meskipun terpilihnya Whasfi Velasufah diwarnai dengan sedikit kontroversi, dukungan yang ia peroleh dari mayoritas peserta kongres menunjukkan kepercayaan dan harapan yang besar terhadap kepemimpinannya. Berbagai pernyataan publiknya mencerminkan komitmen terhadap nilai-nilai NU, perhatian terhadap isu-isu sosial dan kebangsaan, serta harapan untuk kemajuan IPPNU dan kontribusinya terhadap Indonesia.

Studi lebih lanjut dapat dilakukan untuk menganalisis secara lebih mendalam dampak program-program IPPNU di bawah kepemimpinan Whasfi Velasufah, serta bagaimana ia merespons tantangan-tantangan internal dan eksternal yang dihadapi organisasi. Analisis wacana terhadap pernyataan dan pidato publiknya juga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang visi dan gaya kepemimpinannya.

Referensi

1.    Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diakses April 7, 2025, https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Pelajar_Putri_Nahdlatul_Ulama

2.    Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diakses April 7, 2025, https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Pelajar_Nahdlatul_Ulama

3.    Ini Profil Whasfi Velasufah Ketua Umum IPPNU Terpilih - NU Online Lampung, diakses April 7, 2025, https://lampung.nu.or.id/warta/ini-profil-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih-AQe5W

4.    Whasfi Velasufah Ketua Umum IPPNU Periode 2022-2025 - SINDOnews.com, diakses April 7, 2025, https://nasional.sindonews.com/read/856475/15/whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-periode-2022-2025-1660543683

5.    Terpilih sebagai Ketua PP IPPNU, Begini Profil Whasfi Velasufah - IAINU Tuban, diakses April 7, 2025, https://iainutuban.ac.id/2022/08/15/terpilih-sebagai-ketua-pp-ippnu-begini-profil-whasfi-velasufah/

6.    Profil Whasfi Velasufah, Ketua Umum IPPNU Masa Khidmah 2022-2025 - NU Online Jabar, diakses April 7, 2025, https://jabar.nu.or.id/nasional/profil-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-masa-khidmah-2022-2025-ceVY7

7.    Profil Whasfi Velasufah yang Terpilih Jadi Ketum IPPNU Periode 2022-2025 - suara sumut, diakses April 7, 2025, https://sumut.suara.com/read/2022/08/15/111736/profil-whasfi-velasufah-yang-terpilih-jadi-ketum-ippnu-periode-2022-2025

8.    Washfi Velasufah Terpilih Sebagai Ketua Umum PP IPPNU 2022-2025 - NU Online, diakses April 7, 2025, https://www.nu.or.id/nasional/washfi-velasufah-terpilih-sebagai-ketua-umum-pp-ippnu-2022-2025-JuEGk

9.    Whasfi Velasufah Terpilih Jadi Ketua Umum IPPNU 2022-2025 - ReporterID, diakses April 7, 2025, https://reporter.id/2022/08/15/whasfi-velasufah-terpilih-jadi-ketua-umum-ippnu-2022-2025/

10.  Kader IPPNU Asal Kudus Washfi Velasufah Pimpin IPPNU Pusat - NU Jateng, diakses April 7, 2025, https://jateng.nu.or.id/nasional/kader-ippnu-asal-kudus-washfi-velasufah-pimpin-ippnu-pusat-BN0Km

11.  Dua Pimpinan Terpilih Ketua Umum IPNU dan IPPNU Masa Khidmah 2022-2025, Berikut Profil Selengkapnya - Kompasiana.com, diakses April 7, 2025, https://www.kompasiana.com/rickysafrijal/62fb328208a8b525b01fde92/dua-pimpinan-terpilih-ketua-umum-ipnu-dan-ippnu-masa-khidmah-2022-2025-berikut-profil-selengkapnya

12.  Ini Sosok Whasfi Velasufah, Ketua Umum IPPNU Terpilih, diakses April 7, 2025, https://ipnuippnukokop.or.id/ini-sosok-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih/

13.  Rekanita Whasfi Velasufah, Ketua Umum IPPNU Terpilih Masa Khidmat 2022-2025, diakses April 7, 2025, https://pelajarnusidoarjo.org/rekanita-whasfi-velasufah-ketua-umum-ippnu-terpilih-masa-khidmat-2022-2025/

14.  Whasfi Velasufah, Kader Asal Kudus Jadi Ketua Umum PP IPPNU - Suara Nahdliyin, diakses April 7, 2025, https://suaranahdliyin.com/whasfi-velasufah-kader-asal-kudus-jadi-ketua-umum-pp-ippnu-28346

15.  Terbanyak, Payakumbuh Tetapkan Pasangan Calon Kepala Daerah - Medikita.com, diakses April 7, 2025, https://medikita.com/terbanyak-payakumbuh-tetapkan-pasangan-calon-kepala-daerah/

16.  Duduk Perkara Viral Video Kongres Pelajar Putri NU Ricuh, Peserta ..., diakses April 7, 2025, https://www.kompas.tv/nasional/319462/duduk-perkara-viral-video-kongres-pelajar-putri-nu-ricuh-peserta-lempar-kursi?page=all

17.  Sah! Whasfi Velasufah Ketua Umum PP IPPNU Terpilih | NU Online Jatim, diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/sah-whasfi-velasufah-ketua-umum-pp-ippnu-terpilih-RRmmX

18.  Mengenal Whasfi Velasufah, Ketum PP IPPNU Baru - NU Online Jatim, diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/mengenal-whasfi-velasufah-ketum-pp-ippnu-baru-tgwwb

19.  Study of the Axiology Values of Pesantren - Journal, diakses April 7, 2025, https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/santri/article/download/700/364/

20.  Construction of Religious Habitus in Indonesian Islamic Boarding Schools - Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang, diakses April 7, 2025, https://journal.blasemarang.id/index.php/smart/article/download/2458/679

21.  Whasfi Velasufah Bertekad Wujudkan IPPNU Progresif dan Massif, diakses April 7, 2025, https://www.pelajarnungronggot.or.id/2022/08/washfi-velasufah-bertekad-wujudkan.html

22.  Whasfi Velasufah's research works - ResearchGate, diakses April 7, 2025, https://www.researchgate.net/scientific-contributions/Whasfi-Velasufah-2162514711

23.  Pengembangan Karakter Akademik Santri Melalui Musyawarah Keagamaan Di Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin | Abdullah | BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) - Jurnal UISU, diakses April 7, 2025, https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/view/10569

24.  The concept of “love” of bandung mayor-ridwan kamil observed from articles published in newspapers and social media in Indonesia: Semantic cognitive approach | Request PDF - ResearchGate, diakses April 7, 2025, https://www.researchgate.net/publication/326404829_The_concept_of_love_of_bandung_mayor-ridwan_kamil_observed_from_articles_published_in_newspapers_and_social_media_in_Indonesia_Semantic_cognitive_approach

25.  Tekad Whasfi Velasufah, Wujudkan IPPNU Progresif Masuki Abad Kedua NU, diakses April 7, 2025, https://jabar.nu.or.id/nasional/tekad-whasfi-velasufah-wujudkan-ippnu-progresif-masuki-abad-kedua-nu-FEYGt

26.  Pengurus Pimpinan Pusat IPPNU Resmi Dilantik - ANTARA News ..., diakses April 7, 2025, https://banten.antaranews.com/berita/237462/pengurus-pimpinan-pusat-ippnu-resmi-dilantik

27.  Resmi Dilantik, IPNU-IPPNU Periode 2022-2025 Siap Jadi Rumah Generasi Muda NU, diakses April 7, 2025, https://www.detikindonesia.co.id/resmi-dilantik-ipnu-ippnu-periode-2022-2025-siap-jadi-rumah-generasi-muda-nu/

28.  Berikut Harapan Kader pada Ketum PP IPPNU Terpilih | NU Online ..., diakses April 7, 2025, https://jatim.nu.or.id/metropolis/berikut-harapan-kader-pada-ketum-pp-ippnu-terpilih-E7o5L

29.  Peran Kepemimpinan dalam Membangun Kemandirian Organisasi IPNU dan IPPNU, diakses April 7, 2025, https://www.kompasiana.com/muhammadafilazimi/65d6d2fbde948f25521c8083/peran-kepemimpinan-dalam-membangun-kemandirian-organisasi-ikatan-pelajar-nahdlatul-ulama-ipnu-ikatan-pelajar-putri-nahdlatul-ulama-ippnu

30.  Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Peningkatan Kinerja Organisasi IPNU IPPNU Desa Kedungboto - Pusat Riset dan Inovasi Nasional, diakses April 7, 2025, https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jupiman/article/download/3279/3068/9481

31.  MACAM MODEL KEPEMIMPINAN DI PESANTREN (Studi Kasus Pesantren di Jawa Timur) - Kopertais 4, diakses April 7, 2025, https://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/alyasini/article/view/3781/2763

32.  Ketua Umum IPPNU Tekankan Pentingnya Silaturahmi untuk ..., diakses April 7, 2025, https://nu.or.id/jateng/ketua-umum-ippnu-tekankan-pentingnya-silaturahmi-untuk-wujudkan-kehidupan-harmonis-nan-berkah-VL2PC

33.  Ketua Umum IPPNU Tekankan Pentingnya Silaturahmi untuk Wujudkan Kehidupan Harmonis nan Berkah - NU Online, diakses April 7, 2025, https://islam.nu.or.id/amp/jateng/ketua-umum-ippnu-tekankan-pentingnya-silaturahmi-untuk-wujudkan-kehidupan-harmonis-nan-berkah-VL2PC

34.  Informasi Berita Pelajar Nu Terbaru Hari Ini - NU Online Jabar, diakses April 7, 2025, https://jabar.nu.or.id/tag/pelajar-nu/5

35.  Harlah IPPNU, Vela: Bantu Wujudkan Indonesia Emas - Risalah NU, diakses April 7, 2025, https://www.risalahnu.com/4358/2024/02/28/harlah-ippnu-vela-bantu-wujudkan-indonesia-emas/

36.  Cegah Kekerasan Seksual di Pondok Pesantren, IPPNU Minta Santri Berani Bersuara, diakses April 7, 2025, https://www.tribunnews.com/nasional/2023/03/12/cegah-kekerasan-seksual-di-pondok-pesantren-ippnu-minta-santri-berani-bersuara

37.  Transkrip Tuturan Lisan Whasfi Velasufah dalam Bincang Pelajar PK IPPNU MA NU Banat Kudus - ResearchGate, diakses April 7, 2025, https://www.researchgate.net/publication/362298083_Transkrip_Tuturan_Lisan_Whasfi_Velasufah_dalam_Bincang_Pelajar_PK_IPPNU_MA_NU_Banat_Kudus

38.  PP IPPNU Berikan Penghargaan kepada Kepengurusan Terbaik ..., diakses April 7, 2025, https://www.berjutapena.or.id/2024/10/31/pp-ippnu-berikan-penghargaan-kepada-kepengurusan-terbaik-pada-pembukaan-konbes-ippnu-2024/

39.  Ketua Umum PP IPPNU Velasufah Disiapkan Jadi Kader IPPNU Sejak di Madrasah Ibtidaiyah - NU Jateng, diakses April 7, 2025, https://jateng.nu.or.id/sosok/ketua-umum-pp-ippnu-velasufah-disiapkan-jadi-kader-ippnu-sejak-di-madrasah-ibtidaiyah-DKi51

40.  PELAJAR NU SIDOARJO - Belajar Berjuang Bertaqwa, diakses April 7, 2025, https://pelajarnusidoarjo.org/

41.  PKPT IPNU IPPNU UNEJ: Official Website, diakses April 7, 2025, https://pkptipnuippnuunej.wordpress.com/

42.  Dept. Kaderisasi - PKPT IPNU IPPNU UNEJ - WordPress.com, diakses April 7, 2025, https://pkptipnuippnuunej.wordpress.com/dept-kaderisasi/

43.  PK IPNU/IPPNU - SMK Islam 2 Durenan, diakses April 7, 2025, https://smkislam2durenan.sch.id/pk-ipnu-ippnu/

44.  New New ! Website Official PAC Ipnu Ippnu Karangpandan, diakses April 7, 2025, https://ipnuippnukrpd.home.blog/2019/01/07/new-new-website-official-pac-ipnu-ippnu-karangpandan/

45.  NU Online - Beranda Islam Indonesia, diakses April 7, 2025, https://www.nu.or.id/