Anak Malas Sekolah? Ini Yang Perlu Orang Tua Lakukan


 

 

Halo Ayah Bunda berjumpa kembali bersama saya Ika di YouTube Channel-nya Bintang Mulia Homeschooling. Ya Ayah Bunda sebagian besar dari Ayah Bunda mungkin pernah mengalami ee bingungnya saat anak tidak mau sekolah. Ya membujuk anak yang mogok sekolah itu sangat menguras tenaga. Kita sudah melancarkan berbagai macam rayuan, tapi ya tetap saja dia tidak mau sekolah. Kalau sudah seperti itu apa yang harus Ayah Bunda lakukan?

 

Nah ayah bunda harus mengetahui dulu alasan anak tidak mau sekolah itu apa. Supaya Ayah Bunda tahu cara yang paling tepat untuk membujuk anak agar dia mau kembali sekolah. Nah masing-masing anak ini punya alasan yang berbeda. Nah berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin dialami anak sehingga dia tidak mau berangkat ke sekolah lagi.

 

Ya bisa jadi si anak ini merasa stres dan juga tertekan karena kegiatan yang terlalu banyak di sekolah. Atau mungkin si anak ini sedang bertengkar dengan teman di sekolah. Ya atau mungkin ada kesulitan dalam belajar ee di mata pelajaran tertentu. Atau mungkin ada ee perundungan ataupun terjadi korban bullying. Ya atau mungkin saja si anak ini ada masalah dengan guru. Atau bisa jadi karena ee pindah rumah. Ya atau bisa jadi juga karena ee sekolah yang baru atau karena pindah sekolah.

 

Ayah Bunda saat anak tidak mau ke sekolah karena Salah satu alasan yang sudah saya sebutkan tadi, mungkin anak berpikir ya bahwa dengan di rumah saja dia akan bisa menghindari masalah dan juga masalah bisa reda dengan sendirinya. Nah untuk mengetahui hal tersebut, Jangan Paksa anak karena ini justru bisa merusak hubungan anda dengan anak, tapi jangan pula Anda menuruti keinginannya begitu saja karena kebiasaannya ini justru Bisa bertambah parah. Oleh karena itu Ayah Bunda agar bisa menghadapinya dengan tepat ada beberapa tips ya yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut:

 

Yang pertama Ayah Bunda, ya Ayah Bunda harus mencari tahu dulu alasan anak tidak mau sekolah. Mungkin anak mengalami kesulitan untuk menjelaskan Kenapa mereka tidak mau sekolah. Ya seperti yang sudah saya Sebutkan anak memiliki alasan masing-masing untuk ee dia itu tidak mau sekolah.Nah anda mungkin mengira anak anda hanya malas belajar. Tapi tidak semua anak seperti itu. Ada pula anak yang menghadapi berbagai macam permasalahan di sekolah tapi tidak bisa menyampaikan kepada orangtua. Oleh karena itu Ayah Bunda sebaiknya jangan langsung mengambil kesimpulan dan menduga ya apakah anak saya malas, tapi perhatikan dulu alasan kenapa anak tidak mau pergi ke sekolah. Dengan anda mencari tahu alasannya ya anda akan tahu sumber masalahnya.

 

Kemudian yang kedua Ayah Bunda, bicarakan dari hati ke hati bukan dengan emosi ataupun memaksa. Ya Anda harus melakukannya dengan sikap yang tenang dan penuh perhatian. Tunjukkan bahwa anda itu peduli. Anak biasanya akan berani untuk membuka diri dan juga dia akan membicarakan apa yang dia rasakan. Tanyakan kepada sang anak hal apa yang mengganggu pikiran dia dan juga perasaannya, sehingga dia tidak mau sekolah kemudian bantu anak untuk mencari solusi yang terbaik.

 

Kemudian yang ketiga Ayah Bunda ajak anak untuk menikmati kegiatan sekolah. Nah cari tahu kegiatan apa yang anak senangi di sekolah. Jika anak suka dengan sepak bola contohnya Anda bisa mengarahkannya untuk mengikuti klub futsal. Nah dengan adanya kegiatan tersebut ya waktu di sekolah ini tentu akan menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya mengembangkan minat anak kepada kegiatan tersebut dia juga akan semakin memperluas pertemanannya.

 

Kemudian yang keempat Ayah Bunda, bersikap tegas saat anak tidak mau sekolah. Meski anak mungkin saja mengalami masalah di sekolah ada pula anak yang memang hanya malas untuk belajar dan berangkat ke sekolah. Nah jadi Anda harus bisa membedakan ya Ayah Bunda, apakah dia malas ataukah memang ada alasan tertentu. Nah jika anak Anda menunjukkan rasa malas tanpa alasan tertentu, ini saatnya untuk Anda ya bersikap lebih tegas.

 

Kemudian yang kelima Ayah Bunda, tetapkan aturan di rumah. Ya orangtua harus membuat aturan di rumah, misalnya kapan waktu untuk beristirahat kemudian kapan waktunya menonton tv dan juga kapan waktunya main game. Sebab bila anak terlalu nyaman dan menyukai satu kegiatan mereka biasanya akan malas untuk melakukan kegiatan lain, termasuk dia juga akan malas untuk berangkat ke sekolah.

 

Kemudian yang keenam Ayah Bunda, diskusikan dengan guru di sekolah dan kalau perlu mintalah bantuan kepada psikolog. Jika alasannya terkait masalah bullying di sekolah maka anda perlu bantuan pihak sekolah dan juga pihak psikolog. Pihak sekolah ini akan membantu Anda memberi solusi sekaligus memberi perlindungan kepada ee si anak. Sementara psikolog ini akan membantu anak menghadapi trauma yang dia rasakan. Nah tidak hanya itu Ayah Bunda meminta bantu psikolog juga bisa membantu Anda menghadapi masalah perilaku yang dimiliki oleh sang anak. Selain pihak sekolah dan juga psikolog dukungan dari keluarga pun juga sangat dibutuhkan ya Anda perlu bekerja sama dengan pasangan untuk menghadapi hal tersebut.

 

Nah itulah tadi Ayah Bunda beberapa tips ya ketika anak sedang mogok sekolah. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah menyimak sampai jumpa di video selanjutnya.