Academic Work



Undergraduate Thesis

— Main Advisor: Dr. Setiya Utari

Setiawan, Adib Rifqi. (2017, February 24). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia. URL: http://repository.upi.edu/29074/

 

Academic Journal

Setiawan, Adib Rifqi. (2023, June 22). Profil Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Belajar. Wahana Pendidikan Fisika (WaPFi), 8(2): 89-100. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/20924 & DOI: 10.17509/wapfi.v8i2.20924

Setiawan, Adib Rifqi. (2023, June 22). Literasi Matematis Untuk Tingkat Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3): 5291–5296. URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5646 & DOI: 10.31004/basicedu.v7i3.5646

Setiawan, Adib Rifqi. (2022, May 07). Menggunakan Topik Fiqh dan Astronomi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4): 5291–5296. URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2787 & DOI: 10.31004/edukatif.v4i4.2787 

Setiawan, Adib Rifqi. (2021, May 07). Six Main Principles for Quality Learning Based on Ta’līm Al-Muta’allim Ṭorīq Al-Ta’allum. Religio Education, 1(1): 57–75. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/religio/article/view/34097 & DOI: 10.2017509/xxxxt.v6ix

Setiawan, Adib Rifqi; Saputri, Wahyu Eka. (2020, December 25). Pembelajaran Literasi Saintifik untuk Pendidikan Dasar. Media Penelitian Pendidikan, 14(2): 144–152. URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/5794 & DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v%25vi%25i.5794

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, December 11). Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Adaptif Fisika menggunakan Naḍom Mabādī ‘Asyroh. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2): 132–146. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/14566 & DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i2.14566

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, April 21). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif, 2(1): 28–37. URL: https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/80 & DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.80

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, March 1). Pendidikan Literasi Finansial Melalui Pembelajaran Fiqh Mu’āmalāt Berbasis Kitab Kuning. Nazhruna, 3(1): 138–159. URL: http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/522 & DOI: https://doi.org/10.31538/nzh.v3i1.522

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, January 24). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1): 71–80. URL: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/298 & DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, December 30). Instrumen Penilaian Pembelajaran Fiqh Mu’āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. Eklektik, 2(2): 258–272. URL: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EKLEKTIK/article/view/8117 & DOI: http://doi.org/10.24014/ekl.v2i2.8117

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, December 20). Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Belajar. Media Penelitian Pendidikan, 13(2): 126–137. URL: http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan/article/view/4913 & DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.4913

Setiawan, Adib Rifqi; Puspaningrum, Mita; Umam, Khoirul. (2019, December 6). Pembelajaran Fiqh Mu’āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. Tarbawy, 6(2): 187–102. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/article/view/20887 & DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i2.20887

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, October 2). Efektivitas Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Thabiea, 2(2): 83–94. URL: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Thabiea/article/view/5345 & DOI: http://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5345

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, September 30). Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Assimilation, 2(2): 42–46. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/asimilasi/article/view/19250 & DOI: https://doi.org/10.17509/aijbe.v2i2.19250

Setiawan, Adib Rifqi; Mufassaroh, Arij Zulfi. (2019, June 28). Menyusun Soal Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Biologi Topik Plantae dan Animalia. BIOSFER, 4(1): 33–40. URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/1484 & DOI: http://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1484

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, June 26). Peningkatan Literasi Saintifik melalui Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Saintifik. Journal of Biology Education, 2(1): 223–235. URL: https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jbe/article/view/5278 & DOI: http://doi.org/10.21043/jobe.v2i1.5278

Setiawan, Adib Rifqi; Utari, Setiya; Nugraha, Muhamad Gina. (2017, September 22). Mengonstruksi Rancangan Soal Domain Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMP Kelas VIII pada Topik Gerak Lurus. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(2): 44–48. URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/WPF/article/view/8277/0 DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i2.8277

 

Proceeding Article

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, April 20). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional dan Workshop Biologi-IPA dan Pembelajaran Ke-4 (SnoWBel IV): 241–9. ISBN : 978-602-470-170-3 & e-ISBN : 978-602-470-171-0.

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, February 18). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Topik Lingkungan Berorientasi Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SiNaFi) 2019: 15–21. URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/563

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, January 17). Penggunaan Mabadi ‘Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III): 158–164. URL: http://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/viewFile/11/21

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, January 17). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Bacaan Populer. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III): 154–157. URL: http://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/viewFile/5/51

Setiawan, Adib Rifqi. (2020, January 17). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III): 140–145. URL: http://semnasbiologi.conference.unesa.ac.id/ocs/index.php/semnasbio/IP2BIII/paper/viewFile/6/19

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, October 14). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship VI (SNSE VI): 255-1–8. URL: http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/255

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, May 7). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SiNaFi) 2018: 7–13. URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/355

 

Colloquium Presentation

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, November 23). Profil Literasi Saintifik Berdasarkan Kecerdasan Majemuk dan Motivasi Belajar. Seminar Nasional Fisika V (SiNaFi 5.0), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). DOI: https://doi.org/10.35542/osf.io/m7n95

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, November 23). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Topik Lingkungan Berorientasi Literasi Saintifik. Seminar Nasional Fisika V (SiNaFi 5.0), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). DOI: https://doi.org/10.35542/osf.io/sc6d2

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, November 23). Analisis Keabsahan dan Keandalan Science Motivation Questionnaire II (SMQ II) Versi Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Fisika V (SiNaFi 5.0), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). DOI: https://doi.org/10.31237/osf.io/6zeph

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, October 5). Menyusun Instrumen Penilaian untuk Pembelajaran Ekologi Berorientasi Literasi Saintifik. Seminar Nasional & Workshop Biologi, IPA, dan Pembelajarannya ke–4 (SnoWBel IV), Universitas Negeri Malang (UM). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.21931.39206

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, August 21). Penyusunan Program Pembelajaran Biologi Berorientasi Literasi Saintifik. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship VI (SNSE VI), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13716.86400

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, March 23). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Bacaan Populer. Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III), Universitas Negeri Surabaya (UNESA). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.13087.71847

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, March 23). Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Biologi sebagai Upaya Melatih Literasi Saintifik Siswa Sekolah Menengah. Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III), Universitas Negeri Surabaya (UNESA). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19798.60484

Setiawan, Adib Rifqi. (2019, March 23). Penggunaan Naḍom Mabādī ‘Asyroh dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Seminar Nasional Biologi 2019 Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Biologi III (IP2B III), Universitas Negeri Surabaya (UNESA). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33220.37763

Setiawan, Adib Rifqi. (2018, November 24). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Melatih Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi pada Topik Gerak Lurus di Sekolah Menengah Pertama. Seminar Nasional Fisika ke–4 (SiNaFi IV), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.23154.04809

Setiawan, Adib Rifqi; Utari, Setiya; Nugraha, Muhamad Gina. (2016, December 17). Mengonstruksi Rancangan Soal Domain Kompetensi Literasi Saintifik Siswa SMP Kelas VIII pada Topik Gerak Lurus. Seminar Nasional Fisika ke–2 (SiNaFi II), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). DOI: https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31856.10246/1

 

— ΛLΟBΑΤИIƆ, a huge fans of 2NE1 then BLΛƆKPIИK